Home » Blog » Komitmen XL terhadap Kemajuan Industri Musik Tanah Air

Komitmen XL terhadap Kemajuan Industri Musik Tanah Air

Persembahan XL untuk Memajukan Negeri
XL dan MusicaStudio’s Hadirkan “Musikkamu”

Musik pada hakikatnya merupakan bahasa universal yang menyajikan pesona keindahan melalui jalinan irama syair dan lagu. Melalui musik, hidup jauh terasa lebih indah dan bermakna. Melalui musik pula, akan terjadi dialog antarbudaya, sehingga mampu melahirkan peradaban umat manusia yang lebih terhormat dan bermartabat. Sangat beralasan apabila industri musik terus berkembang seiring dengan dinamika peradaban umat manusia itu sendiri.

Nah, dalam upaya ikut serta memajukan industri musik Indonesia, PT XL Axiata (XL) kembali menunjukkan komitmennya. Dengan menggandeng MusicaStudio’s sebagai mitra, XL meluncurkan layanan baru bernama “Musikkamu”, sebuah layanan konten yang dapat dinikmati di ponsel dengan konsep fans-base. Peluncuran layanan baru ini telah berlangsung di Jakarta, pada hari Rabu (16/5/2012).

musikkamuDirektur Teknologi, Content, dan New Busines XL, Dian Siswarini, menyatakan bahwa XL selalu berusaha untuk menghadirkan layanan yang inovatif dan memiliki manfaat lebih bagi pelanggannya. Beliau juga berharap Musikkamu juga akan mampu berkontribusi pada kemajuan industri musik Indonesia secara signifikan.

Harapan Dian Siswarini agaknya tidak berlebihan. Musikkamu merupakan layanan konten musik pertama di Indonesia yang dibangun dengan mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya: (1) Layanan Games terbukti masih sangat diminati pelanggan, dan diramalkan akan semakin meningkat; (2) Musik digital menjadi salah satu primadona layanan value added service yang mengkontribusi revenue yang signifikan; (3) Dengan adanya sosial media, penyebaran pesan promosi akan menjadi lebih efektif. Sosial media  dibutuhkan untuk menciptakan efek viral communication; (4) Mobile platform, Musikkamu adalah portal/platform berbasis WAP pertama di Indonesia; dan (5) Musikkamu menyediakan layanan di mana artis bisa berkomunikasi langsung dengan penggemarnya (build an engagement between artist and their fans).

Kepentingan Apresiasi dan Interaksi
Yang menggembirakan, layanan Musikkamu dapat dinikmati di berbagai jenis ponsel dengan fasilitas WAP, termasuk ponsel low-end dengan menggunakan menu UMB. Selain untuk mengunduh RBT, ringtone, fulltrack, wallpaper, dan informasi lengkap mengenai musisi favorit mereka, layanan Musikkamu dalam waktu dekat juga akan dilengkapi dengan fasilitas live chat yang bisa dipakai pelanggan untuk berinteraksi dengan teman-temannya, bahkan juga dengan para musisi idolanya.

Sementara itu, Direktur Musica Studio’s, Gumilang Ramadhan, menyatakan bahwa melalui Musikkamu diharapkan hubungan artis dan fans akan terus terjaga dan terjalin semakin erat. Selain itu, pelanggan dapat mengajak teman-temannya untuk dapat membuat band virtual yang dapat ikut kompetisi khusus. Musikkamu juga dapat dihubungkan dengan akun Facebook dan Twitter pelanggan sehingga mereka dapat memberitahukan aktivitas mereka di Musikkamu kepada teman-temannya. Pelanggan juga dapat membuat avatar personalisasi diri mereka dan mendandaninya dengan barang-barang virtual yang dapat dibeli.

musikkamuDalam Musikkamu, pelanggan juga dapat melihat tangga lagu yang paling banyak diunduh setiap minggunya, serta mengintip jadwal tur dan event musisi kesayangannya. Tak hanya itu. Musikkamu juga memberikan sistem point di mana nantinya point dapat dtukarkan dengan merchandise dan tiket konser, serta level yang akan menantang penggunannya. Musikkamu mendapatkan dukungan sepenuhnya dari semua musisi dari label Musica Studio’s, antara lain Peterpan, Gisha, Nidji, D’Masiv, Duette, Kesna, Supernova, Astoria, Sheryl, dan masih banyak lagi.

Benar-benar layanan yang “memanjakan” para penggunanya. Melalui Musikkamu, para penikmat musik dan fans musisi tanah air, memiliki banyak pilihan, baik untuk kepentingan apresiasi maupun kepentingan interaksi dengan sesama pencinta musik dan tokoh idola.

Untuk menikmati layanan Musikkamu, pelanggan dapat mendaftar melalui *123*511# atau melalui halaman m.musikkamu.com. Untuk tarif, Musikkamu memberikan keleluasaan untuk mengunduh semua konten dan satu musisi dengan satu tarif. Pelanggan dapat memilih musisi yang mereka senangi dan mengunduh lagu utuh, ringtone, RBT, wallpaper musis tersebut sebanyak mungkin. Bila tak ingin berlangganan, pelanggan dapat mengunduh konten yang ia suka saja dengan biasa Rp1.000; untuk satu kontent.

Tentang XL
XLPeluncuran layanan Musikkamu menunjukkan bukti bahwa PT XL Axiata (XL) benar-benar serius dalam ikut berkiprah memajukan bangsa dan negara, menyusul suksesnya peluncuran layanan KotaGames (social games berbasis WAP), XL Edusolutions (solusi TIK berupa XL Sifoster dan free WiFi di sekolah dan perguruan tinggi), dan XCloud (layanan komputasi awan yang menyiapkan hosting, penyimpanan data, dan server melalui jaringan publik internet), beberapa waktu sebelumnya.

PT XL Axiata Tbk (XL) merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Perusahaan telekomunikasi yang mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996 ini merupakan penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL merupakan satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi seluler berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,6%) dan sisanya Emirates Telecommunications Corporation (Etisalat) melalui Etisalat International Indonesia Ltd (13,3%), serta publik (20,1%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), HELLO (Cambodia), Idea (India), MTCE (Iran), Celcom (Malaysia), Multinet (Pakistan), M1 (Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka), menjadi yang terbaik di wilayah Asia.

Semoga agenda “Persembahan XL Memajukan Negeri” melalui layanan Musikkamu membuat PT XL Axiata Tbk (XL) makin dicintai para pelanggan dan mampu memberikan nilai tambah bagi kemajuan musik tanah air di tengah maraknya perkembangan genre musik yang cukup beragam. ***

 

tentang blog iniTulisan berjudul "Komitmen XL terhadap Kemajuan Industri Musik Tanah Air" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (28 Mei 2012 @ 14:07) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 29 komentar dalam “Komitmen XL terhadap Kemajuan Industri Musik Tanah Air

  1. XL juga siap bersaing dengan penyedia layanan komputasi awan yang menggunakan data center di Indonesia, dengan tarif yang sangat kompetitif. Kualitas sumber daya yang dimiliki XL juga dijamin dengan sertifikasi dari sejumlah vendor terkemuka. XCloud juga mendapatkan support arsitektur sistem IT yang handal, yang akan menjamin kualitas tinggi. Selain itu, tentu saja tersedia Service Center yang mumpuni yang diharapkan akan menghadirkan total solusi komputasi awan sesuai dengan keinginan para pelanggan.

  2. Makin mantap saja nih XL..
    Musik selalu disukai oleh semua kalangan, tidak hanya usia muda, orang tua dan anak-anak juga menyukai musik.
    Semoga saja fasilitas ini tidak turut memperparah pembajakan musik di Indonesia.

  3. hmm, setiap operator pasti ada mencari keuntungan. di Indonesia para kaum muda sangat menyukai musik. jadi wajar saja jika banyak yang mulai menggebu”kn dalam bidang musik. nice post 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *