Home » Blog » XCloud: Inovasi dan Transformasi Bisnis Baru PT XL Axiata Tbk (XL)

XCloud: Inovasi dan Transformasi Bisnis Baru PT XL Axiata Tbk (XL)

Persembahan XL Memajukan Negeri
XL Luncurkan Layanan Komputasi Awan “XCloud”

Dalam rangkaian program XL Memajukan Negeri, PT XL Axiata Tbk (XL) kembali melakukan inovasi dan transformasi bisnis baru dengan menyediakan layanan terbaik buat bangsa. Inovasi dan transformasi bisnis baru PT XL Axiata Tbk (XL) kali ini berupa layanan komputasi awan (cloud solution) bernama XCloud. Layanan XCloud telah diluncurkan di Jakarta pada tanggal 10 Mei 2012 yang juga ditandai dengan seminar mengenai komputasi Awan. Hal ini membuktikan keseriusan PT XL Axiata Tbk (XL) dalam ikut berkiprah memajukan Indonesia di tengah pesatnya kemajuan teknologi digital abad ke-21.

XCloudPresiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi mengatakan bahwa XL ingin menjadi salah satu penyedia jasa solusi komputasi awan yang terdepan di Indonesia. Meski saat ini sudah cukup banyak para pelaku bisnis komputasi awan, namun XL siap untuk terjun ke bisnis ini dengan membawa suatu visi yang dapat dikatakan berbeda. XL percaya bahwa dengan berkolaborasi dengan banyak pihak maka solusi yang akan dihasilkan dapat dimaksimalkan. Oleh karena itu, tegas Hasnul Suhaimi, XL bekerja sama bukan hanya dengan satu atau dua mitra, melainkan bekerja sama dengan beberapa mitra sekaligus.

XCloudUntuk merealisasikan XCloud, XL bekerjasama dengan enam mitra bisnis, yaitu Huawei, Fujitsu, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft. XL percaya, berkolaborasi dengan banyak pihak akan menghasilkan manfaat yang lebih maksimal. Para mitra yang yang mengikat kerjasama dengan XL tersebut merupakan para pemimpin teknologi di bidang information technology (IT), baik pada skala nasional maupun internasional. Teknologi komputasi awan yang mereka miliki merupakan teknologi dengan tingkat keandalan tinggi dan telah diterapkan di banyak negara. Bersama-sama dengan XL, yang memiliki kekuatan antara lain di sisi brand dan jumlah pelanggan yang ada, sinergi dengan semua mitra diharapkan dapat menangkap peluang di bisnis komputasi awan ini.

Saat ini solusi yang ditawarkan oleh XCloud memiliki fokus pada area Public Infrastructure as a Services (IaaS). Pada jenis layanan ini, XL menyiapkan layanan hosting, penyimpanan data, serta server melalui jaringan publik internet. Selain itu, XCloud juga siap menyediakan layanan Software as a Services (SaaS) bagi produk Microsoft Office 365, yang merupakan produk baru dari Microsoft. XL merupakan operator pertama yang ditunjuk oleh Microsoft untuk mempersiapkan layanan yang sangat inovatif ini.

Melalui XCloud, XL telah siap memenuhi kebutuhan para pelanggan yang cukup beragam. XL bahkan siap menyediakan layanan komputasi awan bagi pelanggan yang menginginkan datanya disimpan di Data Center yang memiliki kualitas kelas dunia sebagai komplemen dari data center di Indonesia. Bekerja sama dengan mitra yang ada, XL menyiapkan data center berlokasi di Singapura dengan standar kualitas Singapura Data Center, tempat di mana perusahaan-perusahaan raksasa seperti antara lain Amazon mempercayakan data mereka untuk disimpan.

XL juga siap bersaing dengan penyedia layanan komputasi awan yang menggunakan data center di Indonesia, dengan tarif yang sangat kompetitif. Kualitas sumber daya yang dimiliki XL juga dijamin dengan sertifikasi dari sejumlah vendor terkemuka. XCloud juga mendapatkan support arsitektur sistem IT yang handal, yang akan menjamin kualitas tinggi. Selain itu, tentu saja tersedia Service Center yang mumpuni yang diharapkan akan menghadirkan total solusi komputasi awan sesuai dengan keinginan para pelanggan.

Terdapat setidaknya empat manfaat yang dapat langsung dirasakan oleh pengguna layanan XCloud: simpel, cepat, fleksibel, dan biayanya dapat dikontrol. Manfaat-manfaat inilah yang diinginkan oleh pelanggan. Karena itu, acara ini juga ditandai dengan penyerahan sertifikat pelanggan korporate pertama XCloud kepada PT Berkat Inovasi Megah, produsen BIM-card yang dapat membuat kamera digital memiliki fasilitas koneksi wifi untuk mengirimkan dan menyimpan data di fasilitas XCloud.

Tentang Komputasi Awan
Menurut wikipedia komputasi awan (cloud computing) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan dalam diagram jaringan komputer. Awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metode komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (di dalam “awan”) tanpa mengetahui apa yang ada di dalamnya atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Cloud Computing bisa juga dibilang sebagai sebuah paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client), termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor, dan lain-lain.

Komputasi  awan  merupakan  tren  baru  di  bidang komputasi terdistribusi di mana berbagai pihak dapat mengembangkan aplikasi dan layanan berbasis SOA (Service Oriented Architecture) di jaringan internet. Berbagai kalangan dapat menarik manfaat dari layanan komputasi awan ini, baik sebagai solusi teknologi maupun mendapatkan manfaat ekonomis darinya. Email yang tersedia dalam bentuk web-mail merupakan contoh yang sangat kecil dari teknologi cloud computing. Dengan menggunakan layanan email seperti Gmail dan Yahoo Mail, orang tidak perlu lagi menggunakan Outlook atau aplikasi desktop lainnya untuk email mereka. Membaca email dengan browser memungkinkan dilakukan di mana saja sepanjang ada koneksi internet.

Teknologi komputasi dan teknik pemrograman baru berubah demikian cepat dan dinamis. Tujuan dalam komputasi awan agaknya akan membuat teknologi menjadi sangat mudah bagi user dan menjadikannya sesederhana mungkin. Pesatnya pengembangan teknologi berbasis internet saat ini yang ditandai dengan “euforia” pemanfaatan blogging dan microblogging serta layanan  jejaring  sosial yang bertujuan untuk menemukan cara baru diharapkan mampu membantu individu dan berbagai komunitas bisnis untuk dapat berkomunikasi satu sama lain di arena komputasi awan.

Tentang XL
XCloudMasuknya PT XL Axiata Tbk (XL) ke ranah bisnis komputasi awan kian membuktikan bahwa XL merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Perusahaan telekomunikasi yang mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996 ini merupakan penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL merupakan satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi seluler berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,6%) dan sisanya Emirates Telecommunications Corporation (Etisalat) melalui Etisalat International Indonesia Ltd (13,3%), serta publik (20,1%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), HELLO (Cambodia), Idea (India), MTCE (Iran), Celcom (Malaysia), Multinet (Pakistan), M1 (Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka), menjadi yang terbaik di wilayah Asia.

Semoga agenda “Persembahan XL Memajukan Negeri” melalui inovasi dan transformasi bisnis baru berupa layanan XCloud membuat PT XL Axiata Tbk (XL) makin dicintai para pelanggan dan mampu memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia di tengah kancah peradaban global. ***

tentang blog iniTulisan berjudul "XCloud: Inovasi dan Transformasi Bisnis Baru PT XL Axiata Tbk (XL)" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (14 Mei 2012 @ 18:20) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 32 komentar dalam “XCloud: Inovasi dan Transformasi Bisnis Baru PT XL Axiata Tbk (XL)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *