Pemberdayaan MGMP dan Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru

Kategori Pendidikan Oleh
Catatan Sawali Tuhusetya

Oleh: Sawali Tuhusetya

Bertempat di Ruang Laboratorium IPA SMP 2 Kendal, Selasa, 20 September 2011 yang lalu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Bapak Dwianto, M.Si. membuka Kegiatan Pemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia Kab. Kendal Tahun 2011 secara resmi yang rencananya akan berlangsung hingga 27 Desember 2011 sebanyak 15 kali pertemuan setiap hari Selasa. Kegiatan tersebut dibiayai oleh dana Blockgrant MGMP melalui LPMP Jawa Tengah. Dalam acara Pembukaan yang diikuti oleh 60 peserta dari tiga Kelompok Kerja (Pokja), unsur MKKS, Pembina MGMP, Panitia, dan guru pemandu tersebut, Kadinas Dikpora mengharapkan agar guru Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal benar-benar mampu meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya sehingga mampu melahirkan generasi masa depan yang cerdas dan berkarakter.

“MGMP merupakan wadah yang tepat untuk memecahkan berbagai masalah yang terkait dengan masalah pembelajaran di kelas. Guru harus berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan,” tegas Kadinas. “Jangan pernah merasa bangga menjadi guru galak yang kesehariannya hanya marah-marah kepada peserta didik,” lanjutnya disambut aplaus para peserta. Kadinas juga menekankan pentingnya pengembangan pendidikan karakter dalam pembelajaran dengan mengintegrasikannya ke dalam materi yang relevan. Mata pelajaran bahasa Indonesia, katanya, merupakan mata pelajaran yang sangat strategis untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik.

Sementara itu, Ketua Panitia, Bapak Edi Santosa, S.Pd., dalam laporannya menyatakan bahwa setiap Pokja diikuti oleh 20 peserta. Mulai pertemuan kedua hingga ke-14, kegiatan akan berlangsung di Pokja masing-masing, yakni Pokja I di SMPN 2 Kendal, Pokja II di SMPN 2 Brangsong, dan Pokja III di SMPN 2 Sukorejo. Berikut adalah gambaran umum yang terkait dengan rencana kegiatan Pemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia SMP Kab. Kendal tahun 2011/2012.

KEGIATAN PEMBERDAYAAN MGMP BAHASA INDONESIA SMP

KABUPATEN KENDAL TAHUN 2011/2012

A. Latar Belakang

Masalah utama yang dihadapi oleh para guru Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal dalam pembelajaran adalah rendahnya kemampuan guru dalam merencanakan proses pembelajaran dan mengimplementasikannya ke dalam situasi pembelajaran secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik, sebagaimana diamanatkan dalam Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Sebagian besar guru belum mampu dan terampil menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan standar proses, sehingga tidak mampu mewujudkan atmosfer pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Sebagian besar guru belum mampu memahami dan mengaplikasikan kegiatan pembelajaran secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Akibatnya, proses pembelajaran cenderung berlangsung monoton dan membosankan sehingga gagal memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya secara optimal. Dalam kondisi demikian, perlu ada upaya serius untuk memberdayakan guru agar mampu menyusun rencana pembelajaran dan sekaligus mengimplementasikannya ke dalam proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sesuai dengan standar proses.

PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) mengamanatkan bahwa pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional (pasal 28). Kualifikasi akademik merupakan tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik yang dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan, kompetensi sebagai agen pembelajaran meliput kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.

Dari keempat kompetensi yang harus dikuasai oleh guru, kompetensi profesional dinilai merupakan kompetensi yang hingga saat ini belum menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hal itu ditandai dengan masih rendahnya kemampuan guru yang berkenaan dengan penguasaan materi pembelajaran bidang studi secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan substansi isi materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materi kurikulum tersebut, serta menambah wawasan keilmuan sebagai guru. Selain itu, kemampuan guru dalam menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan/materi bidang studi juga masih tergolong rendah. Hal itu ditunjukkan dengan rendahnya minat guru untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Akibatnya, jarang ditemukan inovasi model-model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang bisa digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar dan pengembangan potensi peserta didik. Dalam konteks demikian, upaya serius untuk mengakrabkan guru pada dunia penelitian perlu terus dilakukan oleh MGMP agar secara bertahap kompetensi profesional guru bisa terus meningkat sehingga akan berimbas positif terhadap peserta didik.

Tantangan yang harus dihadapi oleh MGMP pada era peradaban global seperti saat ini memang makin rumit dan kompleks. Dalam situasi demikian, MGMP dituntut untuk bersikap tanggap dan responsif terhadap berbagai masalah yang terjadi dan memiliki komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Terbentuknya tiga Pokja MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal merupakan salah satu upaya nyata dan komitmen para pengurus untuk menyelesaikan berbagai masalah pendidikan yang terjadi di lingkungan masing-masing. Pertemuan MGMP pada setiap Pokja yang difasilitasi oleh pengurus MGMP dan guru pemandu, baik secara rutin maupun insidental, diharapkan bisa menjadi wadah yang tepat untuk berdiskusi, berinteraksi, dan bercurah pikir tentang berbagai persoalan yang dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran. Dengan cara demikian, guru dari berbagai sekolah bisa saling bertukar dan berbagi pengalaman sehingga secara bertahap bisa mengatasi masalah pendidikan yang dihadapi.

B. Tujuan
1. Umum
Program Pemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia SMP bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, melaksanakan kebijakan pemerintah yang terkait dengan pendidikan, dan meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan program pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan melakukan penilaian pembelajaran.

2. Khusus
Tujuan khusus Program Pemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia SMP dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan silabus dan sistem penilaian yang sesuai dengan kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia;
  2. meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar berbasis kompetensi;
  3. meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan;
  4. meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan;
  5. meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan;
  6. meningkatkan kerja sama secara kolaboratif dengan teman sejawat melalui kegiatan lesson-study untuk mewujudkan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan;
  7. meningkatkan kemampuan dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bermakna untuk meningkatkan mutu pembelajaran;
  8. meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran;
  9. Meningkatkan kemampuan guru dalam mengakses informasi dan bahan ajar melalui internet.

C. Hasil yang Diharapkan
Kegiatan Pemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal ini diharapkan membawa hasil sebagai berikut:

1. Hasil Kegiatan:

  1. Meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan silabus, RPP, dan sistem penilaian yang sesuai dengan KTSP mata pelajaran Bahasa Indonesia.
  2. Meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis kompetensi.
  3. Meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan.
  4. Meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan.
  5. Meningkatnya kerja sama secara kolaboratif dengan teman sejawat melalui kegiatan lesson-study untuk mewujudkan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan;
  6. Meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai, menarik, dan menyenangkan;
  7. Meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bermakna untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
  8. Meningkatnya kemampuan guru dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran.
  9. Meningkatnya kemampuan guru dalam mengakses informasi dan bahan ajar melalui internet.

D. Sasaran

  1. Sasaran Program Pemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal Tahun 2011 adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Kendal yang mengajar di kelas VII/VIII dan diprioritaskan bagi guru yang belum pernah mengikuti kegiatan pemberdayaan MGMP sejumlah 20 orang untuk setiap Pokja.
  2. Program kegiatan diarahkan untuk meningkatan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

E. Pelaksana Kegiatan

  1. Pelaksana kegiatan adalah MGMP Bahasa Indonesia SMP Kab. Kendal yang berlokasi di 3 (tiga) Pokja, yaitu Pokja I di SMPN 2 Kendal, Pokja II di SMPN 1 Brangsong, dan Pokja III di SMPN 2 Sukorejo.
  2. Pemandu kegiatan adalah guru pemandu yang dinyatakan telah lolos seleksi oleh LPMP Jawa Tengah dan narasumber lain yang relevan.

F. Anggaran
Anggaran Pemberdayaan MGMP bersumber dari Blockgrant MGMP sebesar Rp15.000,000,00 (lima belas juta rupiah) setiap Pokja.

G. Rencana Program dan Kegiatan

No.

Materi/Kegiatan

Alokasi Waktu

A.

UMUM
Kebijakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kendal

2 Jam

Sosialisasi Program Pemberdayaan MGMP Bahasa Indonesia SMP

1 Jam

B.

POKOK
Identifikasi dan Pemecahan Masalah Pembelajaran di Kelas

8 jam

Penelitian Tindakan Kelas

8 jam

Implementasi KTSP

8 jam

Pengembangan Silabus dan RPP

8 jam

Pengembangan Bahan Ajar

8 jam

Pengembangan Keterampilan Mendengarkan

6 jam

Pengembangan Keterampilan Berbicara

6 jam

Pengembangan Keterampilan Membaca

6 jam

Pengembangan Keterampilan Menulis

6 jam

Pengembangan Metode Pembelajaran

8 jam

Pengembangan Media Pembelajaran

6 jam

Teknik Penulisan dan Analisis Butir Soal

6 jam

Lesson Study

8 jam

Best Practices

6 jam

Seminar dan Diseminasi Hasil Penelitian
Tindakan Kelas

6 jam

C.

PENUNJANG
Pre tes, Pos tes

2 jam

Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan

4 jam

Pengenalan Mengakses Informasi dan Bahan
Ajar Melalui Internet

4 jam

Pembukaan, penutupan

3 jam

Jumlah

120 jam

JADWAL KEGIATAN HARIAN PEMBERDAYAAN MGMP (POKJA I, II, DAN III)

Pertemuan I
Tanggal: 20 September 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00Pembukaan

Dinas Dikpora

09.00 – 09.15Istirahat

2

09.15 – 10.45Kebijakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Dinas Dikpora

3

10.45 – 11.30Sosialisasi Program Pemberdayaan MGMP (Block-Grant)

Ketua MGMP

4

11.30 – 12.15Pre tes

Guru Pemandu

12.15 – 13.00Istirahat

5

13.00 – 14.30Identifikasi dan Pemecahan Masalah Pembelajaran di Kelas

Guru Pemandu

Pertemuan II
Tanggal: 27 September 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00

Identifikasi dan Pemecahan Masalah Pembelajaran di Kelas

Guru Pemandu

09.00 – 09.15

Istirahat

2

09.15 – 10.45

Identifikasi dan Pemecahan Masalah Pembelajaran di Kelas

Guru Pemandu

3

10.45 – 12.15

Identifikasi dan Pemecahan Masalah Pembelajaran di Kelas

Guru Pemandu

12.15 – 13.00

Istirahat

4

13.00 – 14.30

Penelitian Tindakan Kelas

Guru Pemandu

Pertemuan III
Tanggal: 4 Oktober 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00Penelitian Tindakan KelasGuru Pemandu
09.00 – 09.15Istirahat

2

09.15 – 10.45Penelitian Tindakan KelasGuru Pemandu

3

10.45 – 12.15Penelitian Tindakan KelasGuru Pemandu
12.15 – 13.00Istirahat

4

13.00 – 14.30Implementasi KTSPGuru Pemandu
Pertemuan III
Tanggal: 11 Oktober 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00Implementasi KTSPGuru Pemandu
09.00 – 09.15Istirahat

2

09.15 – 10.45Implementasi KTSPGuru Pemandu

3

10.45 – 12.15Implementasi KTSPGuru Pemandu
12.15 – 13.00Istirahat

4

13.00 – 14.30Pengembangan Silabus dan RPPGuru Pemandu
 

Pertemuan V

Tanggal: 18 Oktober 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00Pengembangan Silabus dan RPPGuru Pemandu
09.00 – 09.15Istirahat

2

09.15 – 10.45Pengembangan Silabus dan RPPGuru Pemandu

3

10.45 – 12.15Pengembangan Silabus dan RPPGuru Pemandu
12.15 – 13.00Istirahat

4

13.00 – 14.30Pengembangan Bahan AjarGuru Pemandu
Pertemuan VI
Tanggal: 25 Oktober 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00Pengembangan Bahan Ajar

Guru Pemandu

09.00 – 09.15Istirahat

2

09.15 – 10.45Pengembangan Bahan Ajar

Guru Pemandu

3

10.45 – 12.15Pengembangan Bahan Ajar

Guru Pemandu

12.15 – 13.00Istirahat

5

13.00 – 14.30Pengembangan Keterampilan Mendengarkan

Guru Pemandu

Pertemuan VII
Tanggal: 1 November 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00

Pengembangan Keterampilan Mendengarkan

Guru Pemandu

09.00 – 09.15

Istirahat

2

09.15 – 10.45

Pengembangan Keterampilan Mendengarkan

Guru Pemandu

3

10.45 – 12.15

Pengembangan Keterampilan Berbicara

Guru Pemandu

12.15 – 13.00

Istirahat

4

13.00 – 14.30

Pengembangan Keterampilan Berbicara

Guru Pemandu

Pertemuan VIII
Tanggal: 8 November 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00Pengembangan Keterampilan BerbicaraGuru Pemandu
09.00 – 09.15Istirahat

2

09.15 – 10.45Pengembangan Keterampilan MembacaGuru Pemandu

3

10.45 – 12.15Pengembangan Keterampilan MembacaGuru Pemandu
12.15 – 13.00Istirahat

4

13.00 – 14.30Pengembangan Keterampilan MembacaGuru Pemandu

 

Pertemuan IX
Tanggal: 15 November 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00Pengembangan Keterampilan MenulisGuru Pemandu
09.00 – 09.15Istirahat

2

09.15 – 10.45Pengembangan Keterampilan MenulisGuru Pemandu

3

10.45 – 12.15Pengembangan Keterampilan MenulisGuru Pemandu
12.15 – 13.00Istirahat

4

13.00 – 14.30Pengembangan Metode PembelajaranGuru Pemandu
Pertemuan X

 

Tanggal: 22 November 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00Pengembangan Metode PembelajaranGuru Pemandu
09.00 – 09.15Istirahat

2

09.15 – 10.45Pengembangan Metode PembelajaranGuru Pemandu

3

10.45 – 12.15Pengembangan Metode PembelajaranGuru Pemandu
12.15 – 13.00Istirahat

4

13.00 – 14.30Pengembangan Media PembelajaranGuru Pemandu
Pertemuan XI
Tanggal: 29 November 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00Pengembangan Media Pembelajaran

Guru Pemandu

09.00 – 09.15Istirahat

2

09.15 – 10.45Pengembangan Media Pembelajaran

Guru Pemandu

3

10.45 – 12.15Teknik Penulisan dan Analisis Butir Soal

Guru Pemandu

12.15 – 13.00Istirahat

5

13.00 – 14.30Teknik Penulisan dan Analisis Butir Soal

Guru Pemandu

Pertemuan XII
Tanggal: 6 Desember 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00

Teknik Penulisan dan Analisis Butir Soal

Guru Pemandu

09.00 – 09.15

Istirahat

2

09.15 – 10.45

Lesson Study

Guru Pemandu

3

10.45 – 12.15

Lesson Study

Guru Pemandu

12.15 – 13.00

Istirahat

4

13.00 – 14.30

Lesson Study

Guru Pemandu

Pertemuan XIII
Tanggal: 13 Desember 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00Lesson StudyGuru Pemandu
09.00 – 09.15Istirahat

2

09.15 – 10.45Best PracticesGuru Pemandu

3

10.45 – 12.15Best PracticesGuru Pemandu
12.15 – 13.00Istirahat

4

13.00 – 14.30Best PracticesGuru Pemandu
Pertemuan XIV
Tanggal: 20 Desember 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00Pendidikan Karakter dan KewirausahaanGuru Pemandu
09.00 – 09.15Istirahat

2

09.15 – 10.45Pendidikan Karakter dan KewirausahaanGuru Pemandu

3

10.45 – 12.15Pengenalan Mengakses Informasi dan Bahan Ajar Melalui InternetGuru Pemandu
12.15 – 13.00Istirahat

4

13.00 – 14.30Pengenalan Mengakses Informasi dan Bahan Ajar Melalui InternetGuru Pemandu

5

14.30 – 15.15Pos tes
Pertemuan XV
Tanggal: 27 Desember 2011

JAM

WAKTU

KEGIATAN

FASILITATOR

1

07.30 – 09.00Seminar dan Diseminasi Hasil Penelitian Tindakan KelasGuru Pemandu
09.00 – 09.15Istirahat

2

09.15 – 10.45Seminar dan Diseminasi Hasil Penelitian Tindakan KelasGuru Pemandu

3

10.45 – 12.15Seminar dan Diseminasi Hasil Penelitian Tindakan KelasGuru Pemandu
12.15 – 13.00Istirahat

4

13.00 – 13.45PenutupanDinas Dikpora

 

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pre-test, Sosialiasi Kegiatan Pemberdayaan MGMP, berbagai informasi penting yang perlu dipersiapkan oleh peserta selama mengikuti kegiatan pemberdayaan MGMP, dan koordinasi antara panitia dan guru pemandu untuk membangun komitmen bersama agar kegiatan berlangsung lancar dan sukses seperti yang diharapkan. Berdasarkan kesepakatan, pertemuan terakhir (Pertemuan XV) akan diisi dengan kegiatan diseminasi dan seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas dari setiap Pokja yang akan berlangsung di SMPN 2 Kendal pada hari Selasa, 27 Desember 2011. Semoga kegiatan tersebut benar-benar bermanfaat dan bermakna dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan. ***

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

28 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Pendidikan

Go to Top