Mohon Maaf: Saya Mencopot Gravatar dan Commentluv

Kategori Blog Oleh

Sahabat-sahabat blogger yang saya hormati, sungguh, saya mohon maaf apabila blog ini tidak lagi menampilkan gravatar dan commentluv. Alasan saya sederhana. Berdasarkan analisis GtMetrix, gravatar dan commentluv tergolong fitur dan plugin wordpress yang memiliki andil besar terhadap lemotnya loading blog. Jika kedua fitur ini tetap saya pertahankan, bisa jadi blog ini makin kerepotan untuk memanggil link-link wordpress, yang dalam amatan awam saya, sesungguhnya tidak terlalu dibutuhkan.

gravatarTak hanya itu. Saya juga mengurangi pemakaian widget yang terlalu berlebihan. Satu-satunya widget yang masih saya pertahankan hanya sekadar untuk menampilkan statistik wordpress dengan memanfaatkan plugin StatPress Reloaded. Untuk fitur-fitur yang lain, saya lebih suka menggunakan kode-kode manual (tanpa plugin). Selain itu, sebisa mungkin, saya juga mengurangi postingan-postingan bergambar yang dapat menambah beban loading blog. Bahkan, plugin bawaan wordpress, yakni smiley juga saya copot dengan mengopreknya pada file comment-template.php di folder wp-includes. Hasil analisis dari GtMetrix menunjukkan bahwa script wp-smiley ini juga menjadi salah satu penyebab lemotnya speed blog.

Sementara itu, plugin-plugin yang lain, seperti Akismet, All in One SEO Pack, AskApache Google 404, Breadcrumb Navigation XT, Comment Reply Notification, Delete-Revision, Google XML Sitemaps, One Click Plugin Updater, PTM AJAX Comments, SEO Smart Links, SEO Title Tag, SRG Clean Archives, StatPress Reloaded, Subscribe To Comments, Text Link Ads, Top Commentators Widget, Use Google Libraries, viewMobile, WP-PostViews, WP Super Cache, WP Super Secure and Fast htaccess, dan YD *FAST* Page Update, masih saya pertahankan. Memang plugin-plugin tersebut masih memiliki andil terhadap lemotnya speed blog. Namun, untuk sementara masih berada pada “zona aman”.

Saya tidak tahu, apakah langkah yang saya tempuh ini merugikan pengunjung atau tidak. Yang jelas, saya hanya berkeinginan agar blog ini bisa sedikit terbebas dari cengkeraman banyak script yang –meskipun menarik—bisa menghambat laju blog ketika diakses pengunjung. Untuk mengukur speed dan tingkat validasi blog, biasanya saya menggunakan tool di validator.w3.org (untuk memvalidasi kode css, html/xhtml, atau feed), Website Speed Test, EasySiteCheck, GtMetrix (untuk mengukur speed blog), dan achecker.ca (untuk mengetahui tingkat accesibility web/blog). Ada saran? ***

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

238 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top