Home » Pendidikan » Pelatihan dan Seminar Nasional: Teknologi Pendidikan Abad ke-21

Pelatihan dan Seminar Nasional: Teknologi Pendidikan Abad ke-21

Sebagai salah satu pusat kebudayaan dan peradaban, institusi pendidikan tak pernah bisa terlepas dari dinamika dan perkembangan masyarakatnya. Ia terus berkembang secara dinamis memenuhi kehendak sejarah yang memolanya. Tak berlebihan apabila di tengah kritik bertubi-tubi dari berbagai kalangan, dunia pendidikan kita tak pernah mati. Justru kritik perlu dimaknai sebagai sebuah bentuk kepedulian dan perhatian berbagai kalangan terhadap dunia pendidikan kita.

seminarSeiring dengan kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi, dunia pendidikan juga perlu bersikap lentur dan adaptif terhadap perubahan. Jangan sampai terjadi, perkembangan dunia di luar tembok pendidikan sudah demikian kencang melaju di atas jalan tol peradaban dunia, institusi pendidikan justru tiarap. Ia mesti akomodatif terhadap berbagai perkembangan dan dinamika yang terjadi, sehingga anak-anak bangsa yang kini tengah gencar memburu ilmu di bangku pendidikan bisa lebih terbuka terhadap arus perkembangan informasi dan komunikasi yang terjadi di sekelilingnya.

Yang tidak kalah penting, jelas peran gurunya. Sebagai sosok yang berdiri di garda depan dalam dunia pendidikan kita, guru menjadi rujukan peserta didik dalam berbagai hal. Tak hanya yang berkaitan dengan substansi keilmuan, tetapi juga berbagai perkembangan informasi yang terjadi di tengah-tengah lingkungan sosial dan budayanya. Dalam konteks demikian, selaras dengan laju perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi yang demikian pesat, guru juga perlu bersikap lentur dan adaptif terhadap perubahan. Bahkan, sosok yang dulu sangat akrab dengan julukan “Oemar Bakri” ini juga dituntut kemampuannya dalam menggunakan piranti Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam konteks pembelajaran sehari-hari.

Nah, dalam upaya meningkatkan kompetensi para pendidik dan calon pendidik dalam pemanfaatan TIK yang efektif dalam pembelajaran, EduPartner Institute (Yayasan Al Firdaus) sebagai lembaga pengembangan profesional tenaga pendidik dan kependidikan bekerja sama dengan Microsoft User Group Indonesia (MUGI) Semarang akan menggelar sebuah kegiatan seminar dan pelatihan bertajuk: “National Workshop and Seminar on Educational Technology ini Education 2011 (NAWSET 2011): Pembelajaran Inovatif Abad ke-21 untuk Memajukan Pendidikan”.

Seminar sehari tersebut diharapkan mampu membuka wawasan para pendidik tentang pemanfaatan komputer dan internet untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar dengan menerapkan pendekatan pembelajaran aktif (active learning), strategi pengembangan bahan ajar multimedia yang menarik, serta mengenal berbagai teknologi informasi terbaru. Sedangkan, pada hari kedua, para pendidik akan diajak untuk mengenal Strategi PAKEMATIK (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang dikembangkan oleh EduPartner Institute, serta mendalami bagaimana melakukan salah satu model PAKEMATIK, yaitu “Memanfaatkan Aplikasi Presentasi Muluimedia untuk Permainan Interaktif di Kelas Memanfaatkan Satu Buah Komputer”. Selain itu, dalam pelatihan tersebut para pendidik juga dibimbing dalam pembuatan presentasi multimedia interaktif dengan menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint 2010.

Kegiatan Pelatihan dan Seminar tersebut akan digelar pada:

Hari, tanggal: Sabtu dan Minggu (26-27 Februari 2011)
Pukul: 08.30 s.d. selesai
Tempat: Meeting Room SEMESTA HOTEL, Jalan K.H. Wahid Hasyim 125-127 Kranggan, Semarang, Prov. Jawa Tengah.

Pemateri seminar dan pelatihan, antara lain:

  1. Prof. Yohanes Surya, Ph. D., tokoh pendidikan yang sangat populer dengan pengembangan Ilmu Fisika dan Matematika untuk Sekolah Dasar dan Menengah, yang mampu mengantarkan anak-anak Indonesia dalam mengharumkan nama bangsa di bidang pendidikan dalam acara Olimpiade Sains Tingkat Internasional dan amat dikenal dalam mengembangkan metode pembelajaran inovatif yang sangat populer disebut Gasing (Gampang, Asyik, Menyenangkan).
  2. Narenda Wicaksana, Technical Advisor Microsoft Indonesia.
  3. Budi Chang, S.Kom, M.M., Direktur Utama PT Kandel Multimedia, Tangerang.
  4. Tutang, M.M., pendiri Microsoft User Group Indonesia, staf LIPI.
  5. Winastwan Gora, ST, MT, Direktur Eksekutif EduPartner Institute, konsultan IT di Jakarta, Training Coordinator MUGI Semarang, dan Senior Trainer IntelTeach Program.
  6. Jasmadi, STP, Wakil Direktur Bidang Akademik EduPartner Institute dan penulis buku-buku IT.
  7. Sunarto, S.Pd., M.Pd., Wakil Direktur Bidang Riset dan Pengembangan EduPartner Institute, Teaching and Learning Coordinator DBE2 Jawa Tengah.
  8. Carwoto, ST, ICT Coordinator DBE2 Jawa Tengah, dan dosen, dan penulis buku bidang IT.

Agenda seminar akan berlangsung pada tanggal 26 Februari 2011 (pukul 09.00 s.d. 21.00 WIB), sedangkan workshop berlangsung tanggal 27 Februari 2011 (pukul 07.30 s.d. 17.00 WIB). Sebagai tindak lanjut dari pelatihan, pada akhir acara akan diumumkan sekaligus dibuka kompetisi guru dengan tema National Competition of Technology Integration 2011 (NACTI 2011): “Fun and Creative width Microsoft PowerPoint ini Your Classroom”. Kegiatan tersebut dilakukan secara online. Peserta lomba cukup meng-upload materi lomba (RPP dan materi presentasi multimedia interaktif dengan MS PowerPoint).

Selain mendapatkan hadiah (notebook, netbook, atau Eksternal HD) dan penghargaan, para pendidik yang menjadi pemenang (1, 2, 3, dan Harapan 1, 2, 3 untuk jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK dan peserta lainnya yang mampu menghasilkan karya-karya inovatif, kreatif, dan berbobot), akan mendapatkan kesempatan untuk menerbitkan karyanya dalam bentuk CD Multimedia Interaktif oleh PT Kandel Multimedia dengan bimbingan lebih lanjut oleh EduPartner Insitute.

Biaya keikutsertaan Seminar dan Pelatihan sebesar Rp1.500.000,00. Peserta akan mendapatkan fasilitas: modul tutorial Live Essential 2011, Buku Penyusunan Presentasi Bahan Ajar Berbasis TIK, dan Buku PAKEMATIK, Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK yang diterbitkan oleh Elexmedia Komputindo, DVD Kompilasi Software Pendukung, CD Pembelajaran dari PT Kandel Multimedia, sertifikat dari EduPartner Institute, dan Seminar KIT (Kaos “Pakematik Camp”, perlengkapan seminar dan bingkisan dari sponsor, serta fasilitas menginap di Hotel Semesta. Pendaftaran NACTI 2011 gratis (bagi peserta) dan mendaftar Rp100.000,00 bagi non-peserta (umum). Semua peserta diharapkan mengikuti kompetisi setelah mendapatkan materi dalam seminar dan workshop NAWSET 2011.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online di www.nawset.org atau langsung ke sekretariat:
1. EduPartner: Jalan Pleburan Barat No. 9, Semarang, telp./fax: 024-8444 206.
2. SMP/SMA Semesta: Jalan Raya Semarang Gunungpati, KM 15 Semarang, telp. 024-7691 6060/7691 6066, fax: 024-7691 6168.
3. Kontak Person: Much. Fadhlan (081 566 24 556), Amrullah (0858 6512 2974).

Anda tertarik untuk ikut? ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Pelatihan dan Seminar Nasional: Teknologi Pendidikan Abad ke-21" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (17 Januari 2011 @ 23:37) pada kategori Pendidikan. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 81 komentar dalam “Pelatihan dan Seminar Nasional: Teknologi Pendidikan Abad ke-21

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *