Testing Grade Speed Loading Blog di GTmetrix

Kategori Blog Oleh

Memiliki blog dengan speed loading yang kencang dan ringan merupakan dambaan setiap blogger. Dengan loading yang kencang, para pengunjung bisa betah dan berlama-lama untuk melacak isi blog kita. Namun, ternyata bukan hal yang mudah untuk mewujudkan hal itu. Ada banyak faktor yang memengaruhinya. Selain mutu hosting yang bagus, pilihan template juga berpengaruh terhadap loading blog. Jika dipadukan dengan content yang bagus, pasti blog kita tak akan pernah sepi pengunjung.

Iseng-iseng saya mencoba untuk mengukur kecepatan loading blog ini dengan menggunakan tool di GTmetrix. Kelebihan Gtmetrix adalah analisisnya yang stabil dengan tingkat konsistensi pengukuran yang sahih. Gtmetrix juga memberikan grade dilengkapi dengan skornya. Semakin kencang loading blog kita, semakin tinggi pula grade dan skornya. Grade ditandai secara kualitatif dengan huruf A, B, C, D, E, atau F, sedangkan skor ditandai secara kuantitatif dengan angka. Selain itu, hasil analisis Gtmetrix juga disertai data tentang page load time, total page size, dan total number of requests. Semakin kecil angkanya berarti speed blog kita semakin kencang.

Ada dua unsur penting yang dijadikan sebagai kriteria Gtmetrix dalam mengukur kecepatan loading blog, yaitu Yslow grade dan Page Speed Grade. Ketika blog kita diuji, maka akan muncul peringkat kecepatan blog kita. Hasil analisis juga disertai dengan rekomendasi untuk melakukan “maintenance” lebih lanjut terhadap unsur-unsur tertentu yang dinilai berada pada grade rendah. Blogger yang kebetulan sudah sangat paham dengan kedua unsur ini, pasti tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan “maintenance”. Lihat saja blog Mas Alwi! Ketika blognya saya uji di GTmetrix, wow … Yslow gradenya berada pada peringkat A dengan skor 97%, sedangkan Page Speed Gradenya berada pada peringkat A dengan skor sempurna 100% dengan data: Page load time: 12.67s, Total page size: 8.72KB, dan Total number of requests: 6. Ketika saya berkunjung ke blog Mas Alwi, woi …. speed loadnya, mak clap: kenceng banget! Keren!

alwi

Bandingkan dengan blog saya. Ketika saya uji, Yslow gradenya berada pada peringkat C dengan skor 77%, sedangkan Page Speed Gradenya berada pada peringkat A dengan skor 91% dengan data: Page load time: 1.78s, Total page size: 178KB, dan Total number of requests: 34. Tak berlebihan kalau blog ini masih tergolong ngadad dan berat, meski sudah saya oprek-oprek juga. Setidaknya, plugin stats wordpress sudah saya lepas. Agaknya plugin inilah yang menjadi penyebab utama grade Yslow dan Page speed blog bermesin wordpress berada pada peringkat yang rendah.

GTmetrix

Dalam pemahaman awam saya, tool pengukur speed blog di GTmetrix tergolong lengkap. Melalui Testing Grade Speed Loading Blog di GTmetrix, setidaknya kita bisa mengetahui mengapa loading blog kita seringkali lemot. Hasil analisisnya bisa kita jadikan sebagai acuan untuk melakukan “maintenance” lebih lanjut. Kelebihan yang lain, GTmetrix juga bisa digunakan untuk membandingkan speed loading empat blog sekaligus. Kebetulan saya juga iseng membandingkan speed loading 3 blog saya sekaligus seperti screenshot berikut ini!

GTmetrix

Sahabat-sahabat blogger yang ingin menguji speed loading blognya, silakan langsung meluncur ke TKP! Semoga hasilnya tidak terlalu mengecewakan! Salam ngeblog dan tetap semangat! ***

ttd

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

118 Comments

  1. terimakasih informasinya. buat rekan rekan yang suka web design dan blogging mohon waktunya untuk mereview design website ini. Boleh dicompare dengan punya teman teman yang lain. Website ini page size dan page load nya sangat ringan dan cepat tampilannya juga apik. Homepage size 72kB, average post page size 250kB, page load time 1.69s, page speed grade A (94%) Yslow grade A (93%), Perform grade A (94%) SEO score 85 dan Page Rank 1 padahal sudah include histats, mp3 plugin, youtube plugin, serta plugin social share twitter facebook dan digg. Secepatnya saya akan share theme dan plugin ini juga kupas tuntas optimisasi websitenya di http://www.bebetterself.com.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top