Home » Bahasa » Mengintip Agenda Bulan Bahasa dan Sastra 2010

Mengintip Agenda Bulan Bahasa dan Sastra 2010

Setiap memasuki bulan Oktober, ingatan kolektif bangsa kita tertuju pada sebuah suasana heroik ketika kaum muda kita pada tahun 1928 mengikrarkan Sumpah Pemuda. Salah satu butir penting yang diikrarkan, yakni menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. Sebuah ikrar penting dan strategis yang dilandasi sikap patriotik di tengah situasi represif yang terus dihembuskan oleh kaum kolonial pada zamannya, hingga akhirnya Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi.

Untuk mewarisi semangat patriotik para pendahulu negeri sekaligus menumbuhkembangkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi, bulan Oktober akhirnya ditetapkan sebagai Bulan Bahasa. Pada tahun ini, Pusat Bahasa sebagai “dapur” pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia, telah menetapkan sejumlah agenda yang diharapkan makin mampu menumbuhsuburkan perkembangan Bahasa dan Sastra Indonesia di tengah perkembangan dan dinamika zaman yang terus bergerak menuju pusaran dan arus global. Tema yang diusung pada Bulan Bahasa dan Sastra 2010 adalah “Pembentukan Karakter Bangsa melalui Peningkatan Kualitas Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah”.

Beberapa agenda yang digelar dilatarbelakangi oleh sebuah pemikiran bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki keragaman etnik dan budaya. Salah satu di antaranya adalah keragaman bahasa dan sastra. Keragaman bahasa dan sastra di Indonesia sungguh menjadi kekayaan yang tidak ternilai harganya. Peta Bahasa Negara Kesatuan Republik Indonesia (2008) yang baru menggambarkan keragaman bahasa di sekitar 80% wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia telah mengidentifikasi tidak kurang dari 442 bahasa daerah di Indonesia. Jumlah itu tentu akan bertambah apabila wilayah yang belum diteliti itu berhasil dipetakan secara utuh.

Bertolak dari keragaman itu, bangsa Indonesia menjadi lebih paham akan arti persatuan. Meskipun beragam-ragam latar bahasanya, bangsa Indonesia terhubung satu sama lain melalui bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Meskipun penggunaan bahasa daerah dan bahasa Indonesia cenderung tergusur oleh pemakaian bahasa asing, bahasa Indonesia masih tetap memegang fungsinya sebagai sarana komunikasi yang menyatukan bangsa Indonesia. Yang diperlukan sekarang adalah bagaimana mengelola kekayaan itu agar dapat dimaksimalkan manfaatnya untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Seirama dengan dinamika bahasa Indonesia itu, sastra di Indonesia juga membentuk dinamika tersendiri yang pada akhirnya dapat mencuatkan nilai keragaman budaya Indonesia yang membentuk jati diri dan karakter bangsa Indonesia. Dalam rangka itu, Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional akan menyelenggarakan Bulan Bahasa dan Sastra 2010 dengan memperluas cakupan program. Sesuai dengan kenyataan bahwa media komunikasi sudah begitu canggih dan bahasa Indonesia juga dipelajari di banyak negara, mulai tahun 2009 Bulan Bahasa dan Sastra juga melibatkan peserta BIPA dari berbagai negara dan para pengguna media yang canggih itu.

Bulan Bahasa dan Sastra 2010 melibatkan masyarakat luas, tidak hanya siswa, mahasiswa, guru, dan dosen, tetapi juga peserta program BIPA yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia serta masyarakat umum. Beberapa kegiatan diadakan untuk ajang berkarya atau berekspresi, beberapa kegiatan yang lain dirancang untuk memberikan penghargaan. Kegiatan pokok yang diangkat berupa lomba, sayembara, festival, penghargaan, pementasan, dan layanan.

Berikut ini adalah beberapa agenda yang diangkat pada Bulan Bahasa dan Sastra 2010.

  1. Sayembara Penulisan Proposal Penelitian Kebahasaan dan Kesastraan
  2. Sayembara Penulisan Esai Sastra
  3. Sayembara Penulisan Naskah Drama
  4. Sayembara Penulisan Cerita Rakyat
  5. Sayembara Penulisan Cerpen Remaja
  6. Sayembara Cipta Puisi Remaja
  7. Lomba Pembuatan Blog Kebahasaan dan Kesastraan
  8. Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI)
  9. Parade Mural Kebahasaan dan Kesastraan
  10. Penilaian Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa
  11. Bengkel Sastra
  12. Pentas Sastra
  13. Festival Musikalisasi Puisi
  14. Kuis Tiara Bahasa
  15. Debat Bahasa
  16. Duta Bahasa
  17. Layanan dan Pameran Kebahasaan
  18. Lomba Keterampilan Berbahasa Indonesia bagi Peserta BIPA

Puncak peringatan Bulan Bahasa dan Sastra 2010 akan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2010. Pada acara itu akan dilaksanakan penyerahan hadiah, pementasan, dan persembahan karya kreatif kebahasaan dan kesastraan.

Informasi lengkap setiap kegiatan dapat dibaca dalam edaran khusus kegiatan itu. Informasi juga dapat diperoleh di balai/kantor bahasa terdekat atau panitia pusat dengan alamat berikut.

Seksi Humas dan Protokol
Panitia Pusat Bulan Bahasa dan Sastra 2010
Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional
Jalan Daksinapati Barat IV
Rawamangun
Jakarta Timur 13220
Telepon , 4706287, 4706288,
Faksimile
Pos-el: bbspusat@gmail.com, bbspusat@yahoo.com
Laman: www.pusatbahasa.kemdiknas.go.id/

Berkas-berkas yang terkait dengan agenda Bulan Bahasa dan Sastra 2010 dapat diunduh pada link-link berikut ini!

  1. a. Penulisan Proposal – BBS 2010_hal1.pdf
  2. b. Penulisan Proposal – BBS 2010_hal2.pdf
  3. Sayembara Penulisan Esai-BBS 2010.pdf
  4. Sayembara Penulisan Naskah Drama-BBS 2010.pdf
  5. Brosur Cerita Rakyat 19810_update.pdf
  6. sayembara cerpen remaja-BBS 2010.pdf
  7. Cipta Puisi Remaja-BBS 2010.pdf
  8. Blog-BBS 2010.pdf
  9. Bengkel Sastra-BBS 2010.pdf
  10. Festival Musikalisasi Puisi-BBS 2010.pdf
  11. Kuis Tiara Bahasa-BBS 2010.pdf
  12. Debat Bahasa 19810_update.pdf
  13. Pemilihan Duta Bahasa-BBS 2010.pdf
  14. Edaran Lomba BIPA-BBS 2010.pdf

Informasi selengkapnya dapat dlihat di Laman Pusat Bahasa. Selamat berkompetisi, semoga sukses! Dirgahayu Bangsa, Tanah Air, dan Bahasaku! ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Mengintip Agenda Bulan Bahasa dan Sastra 2010" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (14 Oktober 2010 @ 02:00) pada kategori Bahasa. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 49 komentar dalam “Mengintip Agenda Bulan Bahasa dan Sastra 2010

  1. salut, dengan rasa bahasa seharusnya kita memulai untuk mengubah dan memperbaiki karakter kebangsaan yang kian terkoyak, bahasa yang semakin kasar terihat tak memiliki rasa dan menggambarkan semakin keruhnya keadaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *