Home » Blog » Peluncuran Website Sekolah » 29925 views

Peluncuran Website Sekolah

Kategori Blog Oleh

Alhamdulillah, setelah melalui proses dan tahapan yang cukup berliku, akhirnya SMP 2 Pegandon memiliki sebuah website. Web tersebut diharapkan bisa menjadi media strategis untuk mendokumentasikan pemikiran-pemikiran kreatif segenap keluarga besar sekolah, mulai guru, karyawan, kepala sekolah, komite, hingga peserta didik. Bahkan, tidak menutup kemungkinan para pemangku kepentingan (stakeholder) yang berkaitan langsung dengan sekolah diberikan ruang untuk membangun semangat berbagi melalui web sekolah dengan mengirimkan sumbang saran pemikiran atau tulisan lain melalui email.

website sekolahwebsite sekolahwebsite sekolahwebsite sekolahKami sengaja mendesain tagline SMP 2 Pegandon Online ini dengan idiom “Membangun Pendidikan Berbasis Karakter”. Bukannya sok latah lantaran pendidikan karakter tengah menjadi program “primadona” dunia pendidikan, melainkan sejak awal SMP 2 Pegandon berupaya ikut berkiprah untuk melahirkan generasi masa depan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga cerdas secara emosional, spiritual, dan sosial. Website sekolah telah diluncurkan pada Jumat, 3 September 2010 usai acara Buka Bersama, antara kepala sekolah, guru, karyawan, komite, dan siswa, sekaligus menandai berakhirnya kegiatan Pesantren Kilat yang sudah berlangsung sejak awal Ramadhan.

Membuat website sekolah agaknya bukan pekerjaan yang sulit. Hanya dengan bermodal domain dan hosting, dengan biaya yang tidak terlalu mahal setiap tahunnya, website bisa dibuat dalam waktu yang relatif singkat. Yang sering tidak mudah adalah mengelola dan mengembangkannya agar website sekolah bisa tetap eksis dengan menyajikan postingan-postingan “bermutu” sehingga mampu memberikan nilai tambah buat kemajuan dunia pendidikan. Oleh karena itu, menjelang peluncuran, kami terus melakukan diskusi dan konsolidasi dengan semua tim pengembang web sekolah yang diharapkan mampu menjalankan tugasnya dengan “istiqamah” sebagai “penjaga gawang” informasi, baik untuk kebutuhan internal maupun eksternal.

Website sekolah juga murni didesain dan ditangani oleh tim sekolah sendiri. Tidak menggunakan jasa pembuatan website sekolah yang saat ini membanjir di berbagai tempat. Pembentukan tim diharapkan bisa menggawangi website secara mandiri sesuai dengan semangat otonomi sekolah yang saat ini juga sedang digencarkan pelaksanaannya di berbagai sekolah. Tim pengelola dan pengembang website sekolah diharapkan bisa terus menjaga kekompakan sehingga bisa makin mahir dan terampil, baik dalam mengisi content maupun dalam melakukan “maintenance”.

Kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak agar pengelolaan dan pengembangan website sekolah bisa makin eksis dan mampu memberikan nilai tambah buat kemajuan dunia pendidikan. Kami juga sangat terbuka menerima tulisan, baik dalam genre fiksi maupun nonfiksi yang relevan dengan persoalan-persoalan pendidikan. Segala sumbang saran pemikiran dan/atau tulisan yang hendak dipublikasikan di website sekolah bisa dikirim melalui email: sperogan@gmail.com.

Mangga, jika ada waktu, sempatkan untuk berkunjung TKP! Terima kasih dan salam peduli anak bangsa! ***

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

107 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top