Home » Blog » Delete-Revision: Plugin “Wajib” untuk WordPress

Delete-Revision: Plugin “Wajib” untuk WordPress

Sahabat-sahabat bloger yang mengelola blog dengan domain dan hosting berbayar seringkali direpotkan dengan banyaknya jumlah revisi postingan di bawah text-editor. Kalau jumlah postingan belum begitu banyak mungkin tak berdampak terhadap kinerja server. Kita bisa menghapus postingan yang sudah disunting secara manual melalui dashbor. Namun, sebaliknya, kalau jumlah postingan sudah bejibun, sementara setiap kali memosting tulisan kita seringkali menyuntingnya, agaknya akan memberikan dampak yang kurang bagus terhadap kinerja database blog kita. Loading jadi lebih berat, bahkan bisa jadi akan menimbulkan error dan tak bisa diakses. Agaknya akan banyak menguras energi apabila kita harus menghapus postingan yang sudah tak terpakai tersebut secara manual.

DRDRKini, kita tak perlu khawatir. Kondisi seperti itu bisa dengan mudah diatasi dengan menggunakan plugin delete-revision. Dengan mengaktifkan plugin tersebut setelah ter-instal, kita bisa menghapus revisi postingan yang sudah tak terpakai berapa pun jumlahnya dengan amat mudah. Hanya dengan meng-klik tab ”check redundant revision”, kita akan diperlihatkan jumlah postingan revisi yang sudah jadi “sampah”. Postingan “sampah” tersebut bisa terhapus dengan cepat hanya dengan meng-klik tab “Yes, I would like to delete theme!” Nah, postingan “sampah” pun tidak lagi membebani database blog kita.

DRDRPlugin ini tak hanya digunakan untuk menghapus postingan “sampah”, tetapi bisa juga digunakan untuk mengoptimalkan fungsi database blog. Caranya, cari menu setting yang ada di dashbor, kemudian klik kembali “Delete-revision”, sehingga kita akan dibawa pada halaman “Delete-revision Manager”. Silakan klik tab “Database optimization”, sehingga akan terlihat entry database blog kita. Entry database yang error ditandai dengan warna merah. Silakan klik tab “Optimize DataBase” untuk membersihkannya. Dengan cara seperti ini, kita tak perlu lagi masuk ke “ruang” php-myadmin pada cpanel blog kita jika ingin mengoptimalkan fungsi database blog kita.

Nah, Sampeyan tertarik untuk menggunakan plugin ini? Silakan unduh di sini atau sahabat bloger yang sudah meng-upgrade mesin wordpress versi 3, cukup memanfaatkan fitur pencarian plugin dengan mengetikkan kata kunci “delete-revision” pada tab search. Atau, mungkin Sampeyan punya pengalaman yang berbeda ketika memanfaatkan plugin ini? Mangga, silakan di-share! ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Delete-Revision: Plugin “Wajib” untuk WordPress" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (22 Agustus 2010 @ 00:05) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 100 komentar dalam “Delete-Revision: Plugin “Wajib” untuk WordPress

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *