Kursus Membaca Cepat Online: Solusi Mengatasi Beban Kultur Literasi

Kategori Pendidikan Oleh

Setelah melalui berbagai uji coba dan pertimbangan yang matang, Senin, 21 Juni 2010, Kursus Membaca Cepat Online, akhirnya diluncurkan juga. Bisa jadi, kursus semacam ini baru yang pertama kali muncul. Secara jujur mesti diakui, aktivitas membaca di negeri ini termasuk sebuah “Indonesia” yang tertinggal dengan beban kultur literasi yang (nyaris) tanpa jeda. Ketika negeri lain sudah melaju mulus di atas jalur tol peradaban global, kultur literasi di negeri ini masih terus bersikutat di balik semak-semak dengan segenap persoalannya yang rumit dan kompleks. Secara kolektif bangsa kita pun jadi sulit beranjak dari kubangan lumpur kemiskinan dan keterbelakangan. Yang marak terjadi justru kultur kekerasan yang menggurita di berbagai lapis dan lini kehidupan masyarakat.

kursus membaca cepatDalam konteks demikian, saya sungguh gembira ketika Mas Moehammad Noer memiliki keberanian membuka diri untuk ikut berkiprah dalam membangun kultur literasi dengan meluncurkan “Kursus Membaca Cepat secara Online”. Sebagai sebuah kursus yang dilakukan secara online, jelas program semacam ini memiliki banyak keunggulan. Ia bisa mengatasi hambatan ruang dan waktu di tengah kesibukan yang terus “mengancam” dalam keseharian kita. Dengan mengikuti kursus ini, kita bisa mengikutinya secara total dan intens tanpa harus mengorbankan banyak waktu. Kita bisa mengikuti semua program yang ditawarkan ketika kita sedang berada di kantor, di rumah, atau bahkan ketika sedang berada di luar kota. Dengan kata lain, kursus ini praktis bisa diikuti oleh semua kalangan, terutama bagi mereka yang ingin melejitkan kemampuannya dalam membaca cepat. Desain programnya telah dirancang sesuai dengan kebutuhan para peserta, sehingga pasca-kursus diharapkan bisa menjadi “manusia baru” yang sanggup mengikuti derasnya laju informasi dengan cara yang cerdas dan hemat waktu.

Program apa saja yang ditawarkan dalam kursus ini? Ya, ya, setidaknya ada empat program penting dan substansial yang dirancang untuk melejitkan kemampuan membaca cepat. Pertama, Modul Training. Ada 7 modul yang telah dirancang, yakni Modul Pendahuluan, Modul-1, Modul-2, Modul-3, Modul-4, Modul-5, Modul-6, dan Modul-7 (Bonus). Ketujuh modul tersebut perlu dipelajari secara bertahap, berjenjang, dan simultan. Artinya, kita mesti mempelajari setiap modul dari awal hingga akhir secara urut dan jelas tahapan-tahapannya. Kita tidak mungkin bisa mengikuti modul berikutnya jika belum tuntas melahap materi dalam modul sebelumnya.

Kedua, Diskusi Materi, yang bisa dimanfaatkan untuk bertanya kepada instruktur atau membaca kumpulan tanya-jawab yang sudah disediakan terkait dengan aktivitas membaca cepat. Ketiga, Materi Tambahan, berisi tentang Video Seri Membaca Cepat dalam berbagai format. Melalui video ini, kita bisa mengikuti trik dan rahasia melejitkan kemampuan membaca cepat dan efektif. Dan program yang terakhir, yakni Bantuan. Melalui program ini, para peserta bisa bertanya jawab tentang hal-hal teknis yang berkaitan dengan Tanya Jawab Seputar Program, sistem pembayaran, atau bertanya kepada customer support.

Di tengah abad gelombang informasi seperti saat ini, membaca cepat memang perlu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kultur literasi kita. Mungkin ada benarnya kalau ada yang bilang, siapa yang mampu menguasai informasi, dialah yang akan mampu menggenggam dan menguasai dunia. Kursus Membaca Cepat Online sangat memungkinkan untuk menjadikan Sampeyan menjadi “manusia baru” berwawasan luas dan global yang memandang setiap jengkal informasi sebagai “entry point” untuk melakukan sebuah perubahan. Melalui program ini, kita bisa mengukur berapa kecepatan efektif membaca (KEM) kita pada setiap detik, mengatasi hambatan-hambatan yang membuat kecepatan membaca kita jadi lamban dan tidak efektif, melejitkan kemampuan membaca cepat, sekaligus mengubah “mind-set” pemikiran kita menjadi lebih futuristik dan visioner.

Kursus membaca cepat online ini bukanlah program instant bergaya “sihir” atau bernuansa magis yang tiba-tiba bisa membuat Sampeyan memiliki “kesaktian” membaca cepat dalam waktu semalam, melainkan program yang dirancang dengan menggunakan pendekatan keilmuan dan logika yang dimatangkan dengan survey, uji coba, dan pengalaman. Bisa jadi, inilah salah satu program yang bisa memberikan jawaban dan solusi mengatasi beban kultur literasi yang (nyaris) tanpa jeda itu.

Nah, Sampeyan tertarik untuk bergabung? Silakan meluncur ke Kursus membaca cepat online! Salam kreatif dan salam budaya! ***

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

157 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Pendidikan

Go to Top