Home » Blog » Komunitas Bisnis Indonesia Online: Terobosan Visioner Menuju Indonesia yang Makmur dan Sejahtera

Komunitas Bisnis Indonesia Online: Terobosan Visioner Menuju Indonesia yang Makmur dan Sejahtera

Pada era virtual seperti saat ini, internet agaknya sudah bukan lagi terbilang barang langka. Melalui internet, manusia masa kini bisa melakukan interaksi dan komunikasi melampaui batas dimensi ruang dan waktu. Para netter –sebutan bagi para pengguna internet– bisa melakukan aktivitas online kapan dan di mana pun mereka berada. Melalui jejaring sosial, misalnya, para pemilik akun bisa meng-update status, menyebarkan informasi, menjalin pertemanan, atau menjalankan bisnis online. Hanya dengan duduk manis di depan monitor komputer, mereka bisa mengendalikan bisnis online seperti layaknya bisnis offline. Bahkan, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital di bidang telepon seluler, para netter bisa juga mengakses internet melalui handphone.

Menurut cacatan Kompas (Selasa, 8 Desember 2009), jumlah pengguna internet di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini meningkat secara signifikan. Hasil survei lembaga riset Nielsen menunjukkan penetrasi internet di Indonesia mencapai 17 persen dari jumlah penduduk atau naik dua kali lipat dibanding tahun 2005 yang hanya sekitar 8 persen. Hal senada juga dikemukakan oleh www.internetworldstats.com sebagaimana dimuat di Kompasiana bahwa Indonesia termasuk pengguna internet terbesar di Asia setelah Cina.

Berdasarkan data tersebut, jelas bahwa Indonesia termasuk pangsa pasar bisnis online yang menggiurkan. Jika digarap secara serius, bisnis online bisa menjadi bisnis alternatif untuk mengurangi angka pengangguran yang dalam catatan VivaNews pada tahun 2010 ini masih berkisar antara 8-12 persen.

Pengangguran dan kemiskinan memang termasuk problem sosial yang sering dihadapi oleh negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Problem semacam ini jelas akan menjadi beban sosial yang kian berat dan kompleks jika para pemburu lapangan kerja hanya berpikir linier dengan memburu lapangan kerja “mainstraim” yang selama ini hanya ada di instansi-instansi pemerintah dan swasta. Telah terjadi ketimpangan yang begitu lebar antara jumlah formasi lapangan kerja yang tersedia dan jumlah pencari kerja yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Dalam konteks demikian, diperlukan perubahan mind-set dengan melirik bisnis online sebagai alternatif kerja yang menguntungkan. Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa anak-anak muda bisa meraup keuntungan yang tidak sedikit dari bisnis online ini.

Seiring dengan itu, kini telah muncul Komunitas Bisnis Indonesia Online yang diharapkan bisa menjadi wadah dan media yang strategis untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi tentang dunia bisnis, yakni Frigz.com. Melalui komunitas ini, mereka yang tertarik untuk menggeluti dunia bisnis bisa membangun semangat berbagi dan memperlebar jaringan sehingga bisnis yang dikelolanya bisa lebih eksis dan berkembang secara optimal.

Frigz itu seperti Facebook, Friendster, Kombes, dan lainnya yang semua itu merupakan jejaring sosial atau Social Network. Tapi Frigz tampil beda. Frigz hanya merambah kalangan bisnis. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang tidak tahu menahu tentang bisnis untuk bergabung di sini. Di Frigz, kita bisa saling berinteraksi untuk menghubungkan orang per orang, pembeli dengan penjual, pengecer dengan grosiran, produsen dengan konsumen, akademisi dengan praktisi, dan seterusnya. Untuk menggali ide bagi perusahaan, untuk menyampaikan keluhan bagi konsumen, untuk berdiskusi lebih dalam untuk para pelaku bisnis, untuk berdiskusi antara praktisi dan akademisi, antara UKM dengan pemerintah, antara atasan dan bawahan, antara karyawan dan pengusaha.

Ya, berinteraksi. Semua berinteraksi menjadi satu dalam Frigz.com, Komunitas Bisnis Indonesia Online. Bukan hanya forum jual beli, namun juga ajang persahabatan, relasi, partner, mitra bahkan mungkin jodoh.

Begitulah “sekapur sirih” inspiratif yang bisa memacu “adrenalin” kita untuk memanfaatkan jejaring ini dalam mengembangkan sayap bisnis atau kepentingan interaksi sosial yang lain. Bagi saya, kehadiran Frigz.com sebagai Komunitas Bisnis Indonesia Online bisa dibilang sebagai terobosan visioner dalam upaya ikut serta dan berkiprah dalam memerangi kemiskinan dan pengangguran untuk mewujudkan Indonesia masa depan yang lebih makmur dan sejahtera.

Ya, ya, ya, dunia terus bergerak sesuai dengan dinamika zamannya. Jangan sampai terjadi ketika orang lain sudah melaju mulus di atas jalan tol peradaban global, kita masih terus bersikutat di balik semak-belukar akibat kelengahan kita yang abai dan masa bodoh terhadap akses informasi dan jejaring sosial yang sudah terbentang di depan mata. Sudah saatnya kita membangun kesadaran kolektif dengan menjadikan Komunitas Bisnis Indonesia Online sebagai sebuah komunitas yang menyatukan kekuatan dan potensi bangsa hingga menjadi satu kesatuan relasi yang kuat dan bermartabat untuk mewujudkan Indonesia makmur dan sejahtera. Nah, mari kita bersama-sama mewujudkan Indonesia masa depan yang lebih maju dan memiliki daya saing, dengan bergabung di Komunitas Bisnis Indonesia Online. ***

Rujukan:

(http://tekno.kompas.com/read/xml/2009/12/08/13553071/pengguna.internet.melonjak.17.persen, diakses tanggal 6 Juni 2010)

(http://bisnis.vivanews.com/news/read/79646-pengangguran_dan_kemiskinan_tinggi_di_2010, diakses tanggal 6 Juni 2010)

(http://teknologi.kompasiana.com/group/internet/2010/01/02/pengguna-internet-indonesia-naik-1150-dari-17-milyar-pengguna/, diakses tanggal 6 Juni 2010)

***

(Tulisan ini diikutsertakan dalam kontes review yang digelar oleh Frigz.com)

tentang blog iniTulisan berjudul "Komunitas Bisnis Indonesia Online: Terobosan Visioner Menuju Indonesia yang Makmur dan Sejahtera" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (6 Juni 2010 @ 22:49) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Tulisan Terkait:

Tidak ada tulisan lain yang berkaitan!

Ada 144 komentar dalam “Komunitas Bisnis Indonesia Online: Terobosan Visioner Menuju Indonesia yang Makmur dan Sejahtera

  1. semoga saya, bisa belajar di bisnis on line,

    mas minta jawabannya, baiknya kita punya blog satu saja apa banyak buat menunjang bisnis online?

    baiknya wordpres atau di blogspot, dan minta link tempat belajar buat blog yang mudah dipahami,
    thanks atas jawabannya

    • sukses bisnis online agaknya tak jauh beda dengan bisnis offline, mas, hehe … butuh perjuangan dan kerja keras juga. konon, mereka yang sudah sukses berbisnis online, akan lebih bagus juga punya banyak blog. tapi jujur saja, saya punya lebih dari lima blog, tapi hampir ndak terurus semuanya, hiks. wordpress atau blogspot, menurut hemat saya, punya kelebihan dan kekurangan masing2. saya sendiri kebetulan juga punya blog dengan menggunakan dua engine ini. jujur saja, kalau dalam soal desain, terutama yang berdomain sendiri, engine wordpress lebih gampang didesain dan dikelola. tentang link belajar buat blog, sekarang gampang dicari kok, mas, tinggal tanya mbah google aja. insyaallah akan ketemu jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *