Home » Opini » Nilai-nilai Pancasila, Riwayatmu Kini! » 44770 pembaca

Nilai-nilai Pancasila, Riwayatmu Kini!

(Renungan dan refleksi mini di hari kelahiran Pancasila)

Kita sungguh sedih menyaksikan berbagai aksi brutal dan kanibal yang tak pernah berhenti menggoyang sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Perilaku kekerasan berbasiskan primordialisme sempit dan SARA di negeri multikultur ini seolah-olah telah menjadi budaya yang mengakar dan memfosil dalam ruang memori dan batin anak-anak bangsa. Aksi bakar-bakaran, perusakan, penganiayaan, dan berbagai perilaku vulgar lainnya seolah-olah sudah menjadi tontonan tragis dan menyayat di atas panggung kehidupan sosial masyarakat kita. Nyawa, darah, dan air mata, seolah-olah begitu gampang tergadaikan hanya untuk memuaskan naluri dan budaya agresivitas berdalih gengsi dan harga diri kelompok. Bangsa kita yang dulu dimuliakan dan diagung-agungkan sebagai bangsa yang ramah, santun, dan beradab, telah menjelma menjadi bangsa pemarah, pemfitnah, dan biadab.

PancasilaSudah tak ada lagikah ruang bagi ideologi dan pandangan hidup bangsa, Pancasila, bersemayam dan mengakar dalam relung kepribadian bangsa kita? Sudah demikian rendahkah penafsiran dan apresiasi kita terhadap nilai-nilai kearifan dan fatsoen kehidupan yang telah diwariskan oleh para “founding fathers” kita, hingga kita demikian gampang dibakar emosi dan amarah hanya oleh perkara-perkara sepele yang seharusnya bisa diselesaikan dengan cara-cara yang damai dan bermartabat?

Kita memang tak perlu mencari siapa yang salah dan siapa yang benar ketika selubung kekerasan itu sudah demikian kuat menelikung keseharian kita. Kita juga tak perlu mencari kambing hitam, siapa sejatinya yang telah membuat dinamika 12 tahun reformasi mengalami stagnasi dan set-back. Kita juga tak pantas lagi berkeluh kesah, kenapa bangsa yang besar dan agung ini bukannya makin matang dan dewasa dalam menemukan makna kearifan hidup, tetapi justru kian tenggelam dalam perilaku konyol dan biadab. Namun, tak ada salahnya kalau kita bertanya-tanya, sudah hilangkah roh Pancasila itu dari tubuh negeri ini? ***

Tulisan berjudul "Nilai-nilai Pancasila, Riwayatmu Kini!" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (1 Juni 2010 @ 03:22) pada kategori Opini. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!
Share to: Twitter Facebook Google+ Linkedin Pinterest

11 Comments

  1. Faktanya memang tidak terbantahkan pak. Nilai2 luhur yang terkandung dari pancasila itu kini sepertinya hanya menjadi simbol bagi sebagian generasi muda Indonesia. Tentu sangat disayangkan dan memprihatinkan. Padahal banyak hal yang bisa digali untuk dijadikan teladan dari pancasila itu sendiri. Apakah mungkin karena globalisasi yang kebablasan telah mengubah segalanya
    .-= Baca juga tulisan terbaru Ifan Jayadi berjudul Mesin Ketik : Riwayatmu Kini =-.

1 Trackback / Pingback

  1. Tweets that mention Catatan Sawali Tuhusetya -- Topsy.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*