Home » Blog » Plugin Shoutbox untuk WordPress

Plugin Shoutbox untuk WordPress

Iseng-iseng browsing dengan memasukkan kata kunci “Shoutbox keren” di search engine, eh, muncul link utama dari WordPress Republik di halaman pertama. Karena penasaran, langsung meluncur ke TKP. Di wordpress.org, disediakan dua jenis shoutbox keren untuk wordpress, yakni WordSpew dan Pierres Wordspew. Ketika ingin mencoba kedua-duanya, Pierre’s Wordspew agaknya terlalu berat, meski fiturnya lebih komplit. Akhirnya, pilihan pun jatuh kepada WordSpew. Meski tampilannya minimalis; tanpa smiley dan antispam, WordSpew tak menimbulkan beban loading. Selain itu, WordSpew juga bisa digunakan untuk memberikan pesan yang jauh lebih panjang. Bandingkan dengan shoutbox lain yang rata-rata hanya bisa menampilkan pesan sepanjang 150-300 kata!

shoutboxMengapa mesti repot-repot memasang plugin shutbox segala? Hmm… sebelumnya, saya memang sudah memasang shoutmix yang saya anggap bisa dijadikan sebagai media berinteraksi secara kilat bagi sahabat-sahabat bloger atau pengunjung yang kebetulan tidak sempat membaca postingan. Juga bisa saya jadikan untuk meninggalkan pesan pribadi secara singkat. Namun, agaknya shoutmix mengalami kendala dalam pencantuman link URL. Hampir sebagian besar url sahabat bloger yang meninggalkan pesan lewat shoutmix tak terdeteksi jejaknya.

Lantas, bagaimana cara menggunakan plugin Ajax Shoutbox? Sangat mudah! Namun, sebaiknya jangan langsung diinstal lewat dashbor. Ekstraklah terlebih dahulu, kemudian carilah subfolder WordSpew yang berada di bawah subfolder screenshots. Folder inilah yang perlu diinstall, bisa melalui filezilla (silakan didownload dan install bagi yang belum punya)  atau net2ftp, ke dalam subfolder plugins wp-content yang ada pada engine wordpress.

shoutboxSetelah terinstall, silakan langsung diaktifkan, lalu settinglah melalui submenu live Shoutbox yang ada pada menu Tools di dashbor wordrpess. Supaya kotak URL-nya muncul, pastikan kotak Use URL field dalam keadaan tercentang. Jangan lupa menyisipkan kode “< ?php jal_get_shoutbox (); ?>” (tanpa spasi sebelum () dan tanpa tanda petik) ke dalam sidebar.php yang ada dalam theme editor.

Setelah disimpan, lihatlah perubahan yang ada di blog! Insyaallah Ajax Shoutbox sudah bisa dimanfaatkan. Sampeyan tertarik? Selamat mencoba! ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Plugin Shoutbox untuk WordPress" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (19 April 2010 @ 00:45) pada kategori Blog. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 63 komentar dalam “Plugin Shoutbox untuk WordPress

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *