Ujian Nasional dan Robotisasi Siswa Didik

Friday, 5 February 2010 (22:16) | 450 pembaca | 147 komentar | Print this Article

Bagikan

Dunia pendidikan kita hanya melahirkan generasi penghafal kelas wahid? Itulah pertanyaan yang selalu mencuat ketika ranah pendidikan kita dinilai telah gagal melahirkan generasi masa depan yang cerdas, kritis, dan kreatif. Almarhum Rama Mangunwijaya pernah bilang bahwa dunia pendidikan kita tak lebih dari proses pelatihan binatang sirkus yang dibekuk dan didesain agar menjadi penurut dan selalu taat komando. Selama mengikuti proses pembelajaran di lembaga pendidikan, anak-anak dikondisikan agar menjadi “anak mami” yang harus selalu selalu patuh dan tunduk kepada komando sang guru. Mereka tak lebih dari robot yang hanya bisa menuruti perintah yang dikendalikan melalui “remote control”, miskin inisiatif, apalagi bersikap kritis. Ruang belajar tak memberikan kesempatan kepada siswa didik untuk berbeda pendapat dan bercurah pikir secara bebas, dialogis, dan interaktif. Jalan pikiran dan hasil-hasilnya telah diseragamkan melalui otoritas sang guru.

UNRobotisasi siswa didik makin tampak jelas ketika kebijakan Ujian Nasional (UN) digelontorkan menjadi penentu kelulusan melalui bentuk-bentuk soal pilihan ganda (PG). Anak-anak telah dibudayakan untuk berpikir linear karena hanya ada satu jawaban yang benar. Tak ada ruang untuk menampung pemikiran-pemikiran multidimensi. Sungguh celaka kalau siswa menjawab beda dengan kunci jawaban. Tak perlu heran jika menjelang UN berlangsung, siswa didik digiring ke dalam ruang karantina untuk di-drill melalui trik-trik sirkus agar bisa menjawab soal yang dimungkinkan sesuai dengan kunci jawaban yang selama ini tidak pernah dibeberkan kepada para pemangku kepentingan pendidikan, meski UN sudah lama usai.

Dalam situasi semacam itu, guru yang ingin tampil beda untuk mendesain pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif tidak mendapatkan ruang. Sungguh konyol kalau menjelang UN masih asyik-masyuk melakukan akrobat pembelajaran melalui eksperimentasi dan inovasi di dalam kelas. Melalui berbagai instruksi, bahkan juga tekanan, baik secara terang-terangan maupun terselubung, para pengambil kebijakan memosisikan guru sebagai “tukang sulap” yang harus menjadikan para siswa didik sebagai penghafal kelas wahid yang bisa dengan jitu menjawab soal-soal PG dalam UN.

Jika pembelajaran hanya didesain dan dikondisikan untuk memburu angka-angka semu yang dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan UN, disadari atau tidak, anak-anak bangsa negeri ini akan mengalami proses pembodohan dan pembebalan secara sistematis. Cara berpikir pragmatis akan menjadi pilihan gaya hidup sehingga gagal mengapresiasi budaya proses dalam menggapai cita-cita dan harapan. Yang lebih menyedihkan, fakta-fakta nilai UN selama ini menunjukkan, anak-anak berotak cemerlang seringkali terkebiri oleh anak-anak berotak pas-pasan. Siswa yang dalam kesehariannya (nyaris) tak menunjukkan prestasi mengagumkan, justru memperoleh nilai yang jauh lebih baik ketimbang siswa berprestasi menonjol dan berotak brilian. Dengan kata lain, soal-soal PG dalam UN dinilai kurang sahih dalam memotret profil kompetensi siswa didik.

Yang tak kalah memprihatinkan, proses pelaksanaan UN yang “cacat” dan tidak fair semacam itu dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan sekolah. Sekolah yang mampu mendongkrak jumlah lulusan dengan capaian nilai rata-rata UN yang tinggi dianggap sebagai sekolah bermutu. Sebagai penghargaan, sekolah semacam ini diberikan kemudahan-kemudahan dalam mendapatkan subsidi dan berbagai fasilitas pendidikan. Sementara, sekolah yang dianggap bermutu rendah lantaran gagal mencapai target kelulusan dan rata-rata UN yang dipersyaratkan, terstigmatisasi sebagai “sekolah gagal” sehingga tidak berhak untuk mendapatkan subsidi dan fasilitas penunjang peningkatan mutu pendidikan. Akibatnya, sekolah yang dianggap bermutu makin “wah”, sedangkan “sekolah gagal” makin terpuruk.

Imbas negatif yang muncul dari atmosfer pendidikan yang salah urus semacam itu adalah merebaknya kecurangan massal dalam pelaksanaan UN dari tahun ke tahun dalam upaya memburu citra dan marwah sekolah. Agar mendapatkan legitimasi, pengakuan, dan citra bagus dari atasan dan masyarakat, sekolah cenderung menghalalkan segala cara untuk mendongkrak jumlah lulusan dan rata-rata nilai UN; entah dengan membocorkan kunci jawaban, berkongkalingkong dengan pengawas UN, atau cara-cara curang yang seharusnya tabu dilakukan oleh sebuah institusi yang notabene menjadi agen dan kawah candradimuka peradaban.

Jika kondisi semacam itu terus berlanjut, bukan tidak mungkin anak-anak masa depan yang lahir dari rahim dunia pendidikan kita akan terus mengalami proses pembonsaian kecerdasan dan pengerdilan nilai kepribadian, sehingga gagal menjadi sosok tangguh dan andal yang sesuai dengan kebutuhan dan semangat zamannya. Anak-anak kita makin terjauhkan dari tradisi dan budaya keilmuan karena selama mengikuti proses pendidikan hanya menjadi “anak mami” yang serba penurut, tanpa memiliki ruang dan kesempatan untuk berpikir multidimensional dan komprehensif.

Dalam konteks demikian, perlu ada upaya serius untuk menata ulang sistem penyelenggaraan dan pelaksanaan UN agar jangan sampai menumpulkan, apalagi mematikan, daya kecerdasan dan kreativitas anak-anak bangsa. Pendidikan pada hakikatnya merupakan investasi dan modal besar bangsa kita yang berkehendak untuk membangun peradaban yang lebih terhormat, bermartabat, dan berbudaya. Sungguh naif apabila UN yang selama ini cenderung menjadikan siswa tak ubahnya seperti robot masih akan terus dipertahankan tanpa ada perubahan kebijakan yang lebih mencerahkan dan visioner. ***

Tulisan Terkait:

147 komentar terhadap “Ujian Nasional dan Robotisasi Siswa Didik”

  1. kerja sampingan Firefox 3.0.8 Firefox 3.0.8 dan Windows XP Windows XP
    Friday, 5 February 2010 @ 22:22

    itulah indonesia, hanya ada di atas gak mau di praktekan, kalupun bisa cari yang di luar sana

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:22)

    hmm … repot juga ya, mas kalau situasi seperti ndak berubah.

    Reply

  2. spydeeyk Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Ubuntu 9.10 Ubuntu 9.10
    Friday, 5 February 2010 @ 22:34

    sebagai seorang murid saya merasakan hal2 yang diatas.. [-( , selain itu menurut saya di Indonesia pendidikannya kurikulumnya masi melebar, kurang fokus.. alangkah baiknya setelah lulus smp bisa fokus ingin jadi apa, punya kompetensi apa, sudah banyak si pendidikan seperti itu.. tapi masi pendidikan swasta, klo negeri masi kurang.., paling SMK, untuk di kampus/universitas juga masi melebar2, dari semester satu sampai enam dikasi semua, semester 7 dan 8 bingung blom punya kompetensi spesifik.. ditanya bisa apa?, bisa semua.. tapi ga ada yang mahir, tau semua tapi ga dalam.. *curhat seorang siswa/mahasiswa :D * , kita dituntut mahir semua hal.., alangkah lebih baik tau sedikit tapi ahli, daripada tau banyak cuma kulit2nya saja.. :d/ , walaupun saya tidak menyangkal sudah tugas siswa atau mahasiswa untuk mengexplore sendiri lebih jauh.. karena sudah dikasi tau kulitnya.. fuihhh.. jadi curhat saya pak.. xixixi.. :”>
    Baca juga tulisan terbaru spydeeyk berjudul "Hanif Sjahbandi – Anak Indonesia Yang Berkesempatan Merumput di MU (Photos)" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:24)

    setuju banget, mas haris. inilah salah satu kelemahan mendasar dunia pendidikan kita. murid dicekoki banyak ilmu dan teori, tapi tanpa pendalaman. maka, banyak pengamat bilang, dunia pendidikan kita hanya melahirkan “generasi gagap”, haks.

    Reply

  3. daywalker Firefox 3.5.3 Firefox 3.5.3 dan Windows XP Windows XP
    Friday, 5 February 2010 @ 23:12

    kurikulum pendidikan di republik ini perlu diubah…pendidikan tidak selaras dengan dunia kerja

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:25)

    setuju, mas. semoga saja para pengambil kebijakan memperhatikan situasi dan tuntutan zaman seperti itu.

    Reply

  4. Caride™ Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows XP Windows XP
    Friday, 5 February 2010 @ 23:21

    UN seperti moment yg sangat menakutkan bagi semua siswa yg akan mengahadapinya ya pak?:o
    Mudah²an ada solusi ttg hal ini, setidaknya lulusannya tetap berkualitas tidak seperti robot..
    Baca juga tulisan terbaru Caride™ berjudul "Minta Maaf Lewat Telinga Kanan" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:27)

    hmm … menakutksn sesungguhnya lebih disebabkan oleh pencitraan, mas caride.

    Reply

  5. bule Firefox 3.5.3 Firefox 3.5.3 dan Windows XP Windows XP
    Friday, 5 February 2010 @ 23:24

    kapan negeri in mau maju klu sistem pendidikanya seperti itu, mematikan potensi siswa dan terlalu berorientasi pada angka kelulusan bukan kualitas yang sesungguhnya, contoh dong negara tetangga seperti singapura dan malaysia
    Baca juga tulisan terbaru bule berjudul "Earn Money From Twittad" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:27)

    itulah ironi yang terjadi di negeri ini, mas. konon dulu malaysia berguru ke negeri kita. hmm … sekarang malah sebaliknya. doh!

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:27)

    itulah ironi yang terjadi di negeri ini, mas. konon dulu malaysia berguru ke negeri kita. hmm … sekarang malah sebaliknya. doh!

    Reply

  6. Didien® Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows XP Windows XP
    Friday, 5 February 2010 @ 23:28

    sedemikian parahkah dunia pendidikan di negeri ini pak? memang sangat di perlukan adanya upaya serius untuk menata ulang sistem penyelenggaraan dan pelaksanaan UN agar jangan sampai menumpulkan, apalagi mematikan, daya kecerdasan dan kreativitas anak-anak bangsa..betul sekali itu…mudah²an aja yak.

    salam, ^_^
    Baca juga tulisan terbaru Didien® berjudul "Kiat Menghalau Pembobolan Rekening" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:35)

    sebenarnya trend pendidikan kita sudah mulai membaik, mas didien. sayangnya, kebijakan UN masih menjadi persoalan rutin tahunan.

    Reply

  7. d-Gadget™ Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows XP Windows XP
    Friday, 5 February 2010 @ 23:32

    sebenarnya memang terlalu byk permasalahn yg ada di negeri ini..tidak hanya di dunia pendidikan, namun juga dengan permasalahan lain yg tidak pernah tuntas bahkan cenderung semakin runyem…hmmmm..
    Baca juga tulisan terbaru d-Gadget™ berjudul "Sony Ericsson Vivaz, Penerus Xperia X10" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:35)

    memang benar, mas. negeri kita memang menghadapi persoalan yang makin rumit dan kompleks. pendidikan hanya salah satu ranah di antara sekian persoalan yang menumpuk.

    Reply

  8. Toko Oleh-oleh Yogyakarta Firefox 3.5.4 Firefox 3.5.4 dan Windows XP Windows XP
    Friday, 5 February 2010 @ 23:45

    Untuk UDAH LULUS….

    rasain yg mau UAN… :d

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:36)

    hehe … kok rasain, toh, mas, hehe … kita doakan saja semoga adik2 kita bisa mengikuti UN dengan prestasi lumayan, tanpa kecurangan.

    Reply

  9. yusami Firefox 3.0.6 Firefox 3.0.6 dan Windows XP Windows XP
    Friday, 5 February 2010 @ 23:58

    saya masih setuju UN diadakan, hanya saja jangan dijadikan penentu kelulusan, tetapi dapat dijadikan barometer bagi sekolah secara Nasional. Tetapi…entahlah. Salam sukses selalu.
    Baca juga tulisan terbaru yusami berjudul "DIALOG DENGAN DPR" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:37)

    seharusnya memang demikian, mas yussa. banyaknya kecurangan yang terjadi akibat sistem pelaksanaan UN yang masih kacau. Un seharusnya hanya dijadikan sbg alat pemetaan mutu pendidikan secara nasional.

    Reply

  10. budiono Google Chrome 4.0.249.78 Google Chrome 4.0.249.78 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 04:22

    era kehancuran dunia pendidikan kita sebenarnya [menurut saya] sudah mulai ketika lembaga bimbingan belajar bermunculan dan malah menjadi semacam kewajiban bagi siswa.

    survey membuktikan lebih dari 90% siswa kita ikut bimbel. mereka menarik biaya mahal dengan sistem pembelajaran yang mengacaukan konsep keilmuan.

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:42)

    betul sekali, mas dion. keberadaan bimbel bukannya membangun karakter siswa yang cerdas, melainkan justru mereduksi pengetahuan anak melalui penerapan sikap pragmatis yang salah kaprah.

    Reply

  11. pakacil Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 04:34

    Pragmatisme siswa, sekolah, bahkan daerah, sudah menjadi anak kandung UN. Bahkan pada sebuah rapat di sebuah sekolah, pernah tercetus usulan dari salah satu orang tua siswa, agar sekolah tidak usah kasih materi yang macam², cukup yang mata pelajaran yang di-UN-kan saja.
    :(

    Pada sisi lain, pemetaan kualitas pendidikan sebagaimana salah satu dasar pelaksanaan UN menjadi sangat tidak jelas. Pada gilirannya, tidak akan tercapai pemerataan kualitas pendidikan di negeri ini.

    Saya sudah buntuk Pak, tidak menemukan cara lain kecuali,
    “Hai Pelajar Indonesia, Bersatulah!”

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:46)

    memang tdak mudah, pakacil, utk mengurai benang kusut dunia pendidikan kita yang keluar dari track-nya. mungkin harus ada kesadaran kolektif utk melakukan perubahan mendasar dalam sistem pendidikan nasional kita.

    Reply

  12. Andika Google Chrome 4.0.249.78 Google Chrome 4.0.249.78 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 05:49

    Tapi takutnya kalau terlalu bebas tanpa remot kontrol ya bisa-bisa generasi mendatang jadi kayak Pansus. Terlalu banyak inisitatif. Putar-putar tanpa ngerem.:d:)>-

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:49)

    hmm … memang diperlukan proses adaptasi, mas. meski demikian, pola2 indoktrinasi seperti yang berlangsung selama ini sudah saatnya dihilangkan dalam ranah dunia pendidikan kita.

    Reply

  13. ofaragilboy Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 05:58

    untung dah lulus,,

    nice info, best of blog

    salam pak,,,,,,,,, semangat
    Baca juga tulisan terbaru ofaragilboy berjudul "KONEKIN : Lebih banyak – Lebih Terasaaa…!!!" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:50)

    salam juga, mas ofa. kita doakan semoga adik2 kita lulus tanpa melakukan kecurangan2.

    Reply

  14. KeSimpulan Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 06:27

    Itu dia pak Sawali. Untuk tahap kebijakan regulasi mungkin terkait dengan masalah teknis, ini pada tahap konsensus lanjutan. Namun pada awalnya adalah harus merubah mindset atau pola pikir, ini menjadi sangat sulit karena terkait dengan masalah mentalitas.

    Kalau bangsa timur dikatakan kuat dipengaruhi budaya mitologi, tidak juga, buktinya Jepang bisa maju dan bangsa yang berperadaban iptek tidak mengukur pendidikan berdasarkan skor dan robotisasi, namun mental kritis dan cerdas. Jadi merubah pola pikir harus diawali dulu dari para regulator, bukannya menghukum murid karena berbeda pendapat. :)>-

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:52)

    betul sekali, mas. saya setuju banget itu, para regulator yang perlu mengubah mind-set ttg sistem pendidikan kita. merekalah yang telah banyak berkiprah melahirkan UU Sisdiknas yang ternyata memang tdk cocok dan relevan dg konteks keindonesiaan.

    Reply

  15. nahdhi Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows 7 Windows 7
    Saturday, 6 February 2010 @ 07:04

    Sebenernya saya juga ndak setuju dengan UN sebagai penentu kelulusan. Tapi ada baiknya hanya dijadikan salah satu parameter yang saling mensubtitusikan dengan metode lainnya. Ya mau gimana lagi, saya cuma bisa mengikuti sistem, soalnya kalau ngeyel ndak iktu UN ya saya ndak bakalan lulus. Piye Jal???

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 00:58)

    hehe …. makanya perlu ada masukan dan kritik dari berbagai kalangan agar sistem pelaksanaan UN yang selama ini menjadi penentu kelulusan sehingga memicu terjadi kecurangan massal dari tahun ke tahun bisa berubah, mas.

    Reply

  16. DV Google Chrome 4.0.249.78 Google Chrome 4.0.249.78 dan Windows Vista Windows Vista
    Saturday, 6 February 2010 @ 07:50

    Perkara UN sepertinya memang tak pernah berhenti ya..
    Mbok sekali-kali Pak Sawali menampilkan sejarah kenapa EBTANAS bisa disulap jadi UN yang slalu bermasalah ini, Pak…

    Suwun!
    Baca juga tulisan terbaru DV berjudul "Leo, singa yang mengaum" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 01:32)

    terima kasih masukannya, mas don. ini berkaitan dg masalah kebijakan, mas. saya sulit utk bisa memahami jalan pikiran para pengambil kebijakan, haks.

    Reply

  17. Hari Mulya Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 08:15

    untungnya jaman saya masih sekoLah duLu..
    UN nya ga parah-parah banget…

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 01:33)

    syukurlah, mas hari.

    Reply

  18. narno Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 08:24

    saya lebih setuju tipe soal itu esay penalaran, sehingga siswa bebas mengembangkan ide-idenya, hanya saja belum punya formula bagaimana untuk menilainya secara obyektif.
    ada nilai positif yang bisa saya ambil sebenarnya dengan model esay kita tahu apakah ide anak ini murni atau nyontek habis dari temannya, meskipun kita tidak menunggui saat anak-anak mengerjakannya, hal yang tidak bisa kita lihat dari soal pilihan ganda

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 01:35)

    idealnya memang demikian, mas narno. dengan soal2 bentuk esai, anak2 kita akan terbiasa utk berpikir kreatof dan multidimens. tdk sperti soal PG yang linear itu. saya juga belum mengerti kenapa pemerintah menggunakan soal PG. kalau kendalanya terletak pada soal korektor, kan masih bisa disiasati dengan cara lain yang lebih jujur dan fair.

    Reply

  19. dameydra Google Chrome 4.0.266.0 Google Chrome 4.0.266.0 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 10:35

    ehm,…. memang begitu keadaannya pak,… kita di giring menuju opini yang kita tidak bisa melawannya,… kasihan anak didik kita sebenarnya,….
    Baca juga tulisan terbaru dameydra berjudul "Listrik Pra Bayar Hematkah,…?????" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 01:36)

    itulah yang terjadi selama ini dalam dunia pendidikan kita, mas damey. tapi repotnya, orang seperti kita ndak bisa melakukan perubahan, kecuali harus mengikuti kebijakan yang salah urus semacam itu.

    Reply

  20. aRuL Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 14:55

    sebagai yang masih dalam status dididik, blum tau bagaimana yg terbaik buat memberikan ilmu, namun memang harus ada yang perlu diperbaiki untuk tidak menjadi siswa yg instant namun dapat berkembang sesuai dg perkembangan zaman..
    Baca juga tulisan terbaru aRuL berjudul "Kerbau, Komunikasi dan Marketing Politik yang Berhasil" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 01:37)

    hmm … posisi apa pun kita, kita perlu terus memberikan kritik dan masukan buat pemerintah, mas, agar anak2 masa depan negeri ini tdk tereduksi oleh kebijakan yang keliru.

    Reply

  21. liudin Firefox 3.5.4 Firefox 3.5.4 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 15:07

    Pendidikan, sirkus dan UN.
    topik pendidikan selalu saja membuat saya gimana gitu.
    saya sendiri terkadang masih bingung dengan sistem pendidikan di indonesia pak, sangat aneh ketika ada seorang siswa cerdas yang berani mengkritik sistem kita malah jadi bahan tertawaan. ini pernah saya alami dengan beberapa teman kuliah ketika menyuarakan sistem penilaian yang dirasa kurang fair.

    budaya pendidikan kita juga semakin terasa aneh ketika penilaian itu tidak dilakukan dengan standart tertentu misalnya pertanggung jwaban atas tugas tertentu. pernah saya temui ada mahasiswa yang dengan jelas menggunakan makalah yang pernah saya presentasikan. sama persis. dan mendapatkan nilai A. sungguh sangat memukul mental saya. padahal ketika sesi tanya jawab juga sangat tidak mengesankan.

    buat Ujian Nasional memang tidak dapat dijadikan standart. masih banyak kekurangan disana -sini. pembonsaian kecerdasan, istilah Anda cukup mewakili karena pada saat saya ujian dulu pun sudah mendapatkan jawaban sebelum ujian dimulai, entah siapa dalang dibalik ini semua, yang jelas semoga mutu pendidikan kita semakin baik saja dimasa depan. dari pengajar, sistemnya dan juga guru-guru yang mampu memberikan teladan baik ketika mengalami kegagalan maupun mencapai keberhasilan
    Baca juga tulisan terbaru liudin berjudul "Membangun Kepercayaan diri Untuk Menjadi Public Speaking yang Efektif" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 02:50)

    itulah kenyataan yang selama ini terjadi, mas udin, kecurangan massal terus terjadi dari tahun ke tahun, tapi hampir tak pernah tertangani secara serius. bukan semata2 mental mereka yang suka berbuat curang, melainkan sistem pelaksanaan UN yang selama ini sangat memungkinkan utk melembagakan dan membudayakan kecurangan itu, makin repot.

    Reply

  22. ndop Firefox 3.5.3 Firefox 3.5.3 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 15:27

    itu hanya pendapat sebagian orang pak. Menurut saya, dulu ketika saya masih sekolah, memang menghafal masih ada, tapi khan pelajaran tertentu. Kalau matematika, nggak mungkin menghafal saja, tetapi tetep harus sama praktek mengerjakan soal.

    lha memang harus dihafal, lha bagaimana caranya sebuah pertanyaan bisa dijawab kalau materinya nggak dihafal?

    trus masalah harus menurut, wong sudah diajarkan untuk menurut aja anak sekarang ini malah suka membangkang, apalagi kalau tidak diajarkan untuk menurut? bisa bisa malah lepas kontrol ke mana -mana, khan malah repot…

    hehehehhe… itu hanya pendapat saya pak…

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 02:52)

    bagus juga pendapatnya, mas ndop. mungkin lantaran selama ini kita sudah terbiasa hidup dikekang, mas, sehingga ketika ada kesempatan utk hidup bebas, akhirnya jadi liar tanpa kendali. dalam jangka pendek, pola pendidikan yang dialogis dan interaktif memang belum bisa memberikan perubahan yang bermakna. tapi utk jangka panjang, pola2 indoktrinatif memang sudah saatnya dihentikan. apa pun dalihnya, sistem UN tetep perlu diperbaiki.

    Reply

  23. Wempi Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 15:44

    Kalo wempi dulu bukan di suruh menghapal, tapi mencatat, hehe….

    “anak-anak buka buku blablabla halaman blabla sampai blabla, buat ringkasannya di buku catatan kalian.

    ada juga tunjuk seorang teman nulis dipapan tulis dari buku bu guru, kita-kitanya nyalin ke buku catatan. knapa gak dicopy aja…?

    tanya kenapa? [-(

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 02:53)

    hehe … makin parah itu, mas. pendekatan CTL malah diplesetkan jadi “Cathet tinggal lunga” (siswa disuruh mencatat, gurunya pergi). doh!

    Reply

  24. saifuna Google Chrome 4.0.249.78 Google Chrome 4.0.249.78 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 16:36

    Terlepas dari pro dan kontra UN, saya hanya menginkan perbaikan sisitem pendidiakn yang lebih baik,menyeluruh,dan mengena agar mutu dan kwalitas siswa bisa diandalkan…!!! 8->
    Baca juga tulisan terbaru saifuna berjudul "Tips Agar Bisa Sabar" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 02:55)

    kalau itu memang keinginan kita semua, mas saif. kalau situasinya begini terus, makin repot.

    Reply

  25. the fachia Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 18:39

    Yang saya tahu, murid2 skarang slalu menuntut tanpa ada tanggung jawab sbagai pelajar, yaitu BELAJAR.

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 02:56)

    bisa jadi situasi seperti itu muncul akibat pendekatan pendidikan dan pembelajaran yang keliru, mas. para murid minta gampangnya doang, tanpa upaya serius utk menghargai proses.

    Reply

  26. batiknovita.com Firefox 3.5.6 Firefox 3.5.6 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 18:39

    Sistem pendidikan di Indonesia perlu disesuaikan dengan negara2 asia yang berkembang pesat, seperti di China dan India. Sehingga menghasilkan generasi yang cerdas dan terarah. Thanks :)

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 02:56)

    setuju banget, mas. kita tak perlu malu utk mencontoh negeri2 terdekat yang bisa dibilang sukses mendesain pendidikan masa depan yang mencerahkan.

    Reply

  27. LIVING Opera 10.10 Opera 10.10 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 18:41

    “”sarana dan fasilitas di sekolah hrus terpenuhi.., baru diadakan UNAS..,,”"”

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 02:57)

    setuju banget, mas. UN kali ini cenderung menyamaratakan kemampuan siswa di setiap daerah, padahal sarana dan fasilitasnya sangat beragam.

    Reply

  28. Dawam Multazam Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows 7 Windows 7
    Saturday, 6 February 2010 @ 20:42

    alhamdulillah, saya ndak sempat ngikutin UN yang tendensinya kelulusan. karena memang program studi keagamaan sudah dijamin lulusnya :mrgreen:
    dan sampai sekarang pun saya masih tidak suka dengan penentuan barometer nilai dengan ujian. :)

    kalopun saya ikut ujian apa aja itu sih ya karena ibadah sosial lah pak. ;)

    tapi, apapun itu, beginilah Multikulturalisme Kita. :mrgreen:

    ~ maaf nyepam, mumpung update. :)

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 02:58)

    syukurlah kalau mas deno sudah berhasil mewati masa2 krusial seperti itu, hehe …

    Reply

  29. Blogger Terpanas Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 21:31

    maka dari itu saya nggak mau sekolah pak, takut di “bodohi” :d

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 February 2010 @ 03:00)

    hah, terus otodidak atau mencari sekolah alternatif, hom-school, misalnya?

    Reply

  30. Pojok Pradna Firefox 3.5.3 Firefox 3.5.3 dan Linux Mint 8 Linux Mint 8
    Saturday, 6 February 2010 @ 22:49

    mendambakan pendidikan yang berdasarkan kemampuan dan minat sesungguhnya sejak dini.

    misalkan sejak kelas 1 smp seorang siswa sudah bisa memilih kemampuan dan minatnya di bidang elektronika…dalam 6 tahun (kelas 3 SMA) tentulah akan jadi ahli elektronika siap pakai…(mosok ya di drill 6 tahun pada jurusan yg diminatinya tanpa dibebani UN yg absurd tidak jadi ahli)

    apalagi trus dilanjutkan kuliahnya tetap pada jalur yang diminati itu…wiih..
    Baca juga tulisan terbaru Pojok Pradna berjudul "Obrolan Sore 13: Selamatan 100 hari Kebun Binatang Carangpedopo" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 20:44)

    banyak pihak yang mengusulkan seperti itu, mas pradna. konon kurikulum pendidikan kita terlalu sarat materi, tapi miskin pendalaman. semoga usulan mas pradna bisa terwujud.

    Reply

  31. Ridha Nori Irianto Google Chrome 4.0.249.78 Google Chrome 4.0.249.78 dan Windows XP Windows XP
    Saturday, 6 February 2010 @ 22:50

    ok ok aja, tapi sayang kayaknya anak terus dijejeli ilmu, namun sayang terlalu banyak, jadi ya gak kesimpan semua, muntah si anak. kok gak kepikir anak diupayakan dilatih ketrampilan, katanya sesuai kompetensi, eh malah ilmu melulu.gm mau maju, ya nggak pak ???!!!

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 20:46)

    betul sekali, mas nori. itulah yang serimng dikritik banyak kalangan. dunia pendidikan kita terlalu sarat materi, tapi hanya kulit luarnya saja, ndak pernah sampai pada isi, apalagi pendalaman.

    Reply

  32. hanif IM Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows Vista Windows Vista
    Saturday, 6 February 2010 @ 23:22

    wah, begitu ya? bukannya sebuah ingatan penghafal itu juga baik? sepertinya negara kita sudah overdosis atas hafalan, sehingga tidak sanggup lagi menghafal, bayangkan saja, 3 tahun materi yang diberikan hanya di pertaruhkan dalam waktu beberapa hari, ini bukan judi kan? sehingga banyak sekali kecurangan yang mana pemerintah akhirnya menutup mata atas kejadian itu. Yah, semoga saja ada terobosan baru dalam mengukur prestasi siswa bukan hanya dari UN yang menurut saya sangat aneh…

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 20:48)

    hehee … betul sekali, mas. menghafal bukan hal yang buruk sebenarnya, tapi kalau tak diimbangi dg model evaluasi lain bisa mereduksi pengetahuan anak. kita berharap semoga saja ada perubahan mendasar ttg sistem UN ini.

    Reply

  33. antokoe Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows XP Windows XP
    Sunday, 7 February 2010 @ 01:35

    Saya sudah tiga tahun menjadi Tim Pemantau Independen, saya sering membandingkan bagaimana persiapan sekolah dalam menghadapi hajatan ini. Sekolah mapan akan sangat rapi dan terukur sedangkan sekolah pas-pasan lebih kalang kabut menghadapi UN yang ujung-ujungnya menjadi maling demi meluluskan anak didiknya. UN seperti film Tiga Hari Untuk Selamanya.
    Semoga tahun ini yang terakhir.
    Baca juga tulisan terbaru antokoe berjudul "Me-mobile-kan Antokoe dot Com" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 20:50)

    begitulah sistem pelaksanaan UN kita selama ini, mas anto. kesenjangan mutu pendidikan antasekolah pun makin melebar.

    Reply

  34. narno Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows XP Windows XP
    Sunday, 7 February 2010 @ 05:06

    ternyata kita seide Pak, tahun lalu telah menyentil rasa kepuisian saya sehingga saya guratkan puisi dengan judul UN, monggo saget diwaos malih
    Baca juga tulisan terbaru narno berjudul "DUA HURUF" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 20:51)

    wah, menarik juga tuh, puisinya, mas narno. jadi pingin baca lagi, nih!

    Reply

  35. Anas Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows XP Windows XP
    Sunday, 7 February 2010 @ 06:13

    Saya setuju dengan perlu ada upaya untuk menata ulang sistem penyelenggaraan dan pelaksanaan UN agar jangan sampai mematikan, daya kecerdasan dan kreativitas anak-anak bangsa. Tapi hingga saat ini UN adalah cara terbaik bagi pemerintah. Kalau mau diubah ya silahkan, toh banyak para profesor-profesor yang ada di departemen pendidikan.
    Baca juga tulisan terbaru Anas berjudul "Bhirawa | Sang Blog Perkasa" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 20:55)

    sayangnya malah banyak profesor yang ndak sempat ngurus masalah UN ini, mas anas. kita tetep berharap semoga memang ada perubahan mendasar dalam pelaksanaan UN.

    Reply

  36. katakataku Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows XP Windows XP
    Sunday, 7 February 2010 @ 07:45

    teope begete pak yang di blockquote ntu pak, dan memang menggambarkan situasi dan kondisi UN kemaren2 :D tapi katanya yang sekarang sedikit lebih ketat ya pak, misalnya para pengawas independen bisa masuk ruangan plus jumlahnya juga diperbanyak…… hanya para panitia UN di sekolah masing2 mo pake trik apalagi untuk ngadepin ntu *xixixiiiii*

    #wah ini repiu ya pak ;)

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 20:56)

    hmm … sebenarnya aturan yang tertuang dalam POS sdh ketat sejak dulu, mas addi. tapi sayangnya konsistensi penegakan aturan agaknya masih diragukan. berbagai pelanggaran dan penyimpangan UN yang terjadi tiap tahun tak ada yang ditindaklnjuti.

    Reply

  37. katakataku Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows XP Windows XP
    Sunday, 7 February 2010 @ 07:45

    teope begete pak yang di blockquote ntu pak, dan memang menggambarkan situasi dan kondisi UN kemaren2 :D tapi katanya yang sekarang sedikit lebih ketat ya pak, misalnya para pengawas independen bisa masuk ruangan plus jumlahnya juga diperbanyak…… hayo para panitia UN di sekolah masing2 mo pake trik apalagi untuk ngadepin ntu *xixixiiiii*

    #wah ini repiu ya pak ;)

    Reply

  38. marsudiyanto Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows XP Windows XP
    Sunday, 7 February 2010 @ 07:53

    Ayo Pak, siap2 ngedrill murid…
    Tak kancani teko kadohan… :D

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 20:57)

    hehe … kalau pas ngdrill sampai habis berapa bungkus rokok, pak mar? keke ….

    Reply

  39. Kika Firefox 3.5.3 Firefox 3.5.3 dan Windows XP Windows XP
    Sunday, 7 February 2010 @ 09:47

    Saya juga menyepakati yang di ucapkan salah satu praktisi pendidikan kita, yang mengatakan bahwa UN itu project paksaan. Untuk apa menghabiskan uang milyaran hanya untuk mencari standar pendidikan.

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 20:57)

    doh, apalagi kalau orientasi UN hanya motif proyek, mas kika. makin hancur deh!

    Reply

  40. cah ndueso Firefox 3.0.6 Firefox 3.0.6 dan Windows XP Windows XP
    Sunday, 7 February 2010 @ 17:15

    rasane pemerintah ke kok koyo ndak tau enek sing bener to pak?

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 20:58)

    bisa jadi bener kalao negeri ini salah urus, mas, hehe … masalah yang rumit terus terjadi di semua bidang.

    Reply

  41. cobaberbagi Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows XP Windows XP
    Sunday, 7 February 2010 @ 18:43

    Saya lebih setuju dengan soal yang kaya konteks (context rich-question) yang dikembangkan Helller (1985); open -ended question dan reverse question
    Baca juga tulisan terbaru cobaberbagi berjudul "Multimedia Interaktif" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 20:59)

    wah, betul banget, mas. dengan soal yang kaya konteks, pikiran anak2 tertantang utk kreatif.

    Reply

  42. AeArc Google Chrome 4.0.249.78 Google Chrome 4.0.249.78 dan Windows XP Windows XP
    Sunday, 7 February 2010 @ 19:44

    ngikut aja :d

    Reply

  43. haris Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows XP Windows XP
    Sunday, 7 February 2010 @ 20:50

    soal ini emang akan selalu jadi pro kontra pak. susah sekali mendamaikan dua pendapat soal uan itu.
    Baca juga tulisan terbaru haris berjudul "Tahun Baru" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 21:02)

    memang benar, mas haris. pro-kontra akan selalu ada, apalagi kalau tak ada perubahan mendasar ttg sistem pelaksanaan UN.

    Reply

  44. abdul aziz Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows XP Windows XP
    Sunday, 7 February 2010 @ 20:55

    Betul sekali Pak, dan guru pun terpaksa harus mengejar target. Yang penting siswa lulus, soal apakah siswa cerdas, kritis, arif dan kreatif , itu urusan belakangan.

    Terima kasih Pak.
    Salam dari Cianjur

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 21:03)

    salam juga, mas azis. itulah repotnya. UN telah membuat banyak rekan sejawat dihadapkan pada persoalan yang dilematis.

    Reply

  45. budies Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows Vista Windows Vista
    Monday, 8 February 2010 @ 00:23

    pendidikan dengan materi yang melebar bagian dari penjauhan profesioanlisme itu sendiri, sementara tuntutan lapangan menghendaki profesioanal. Bagiamana mungkin kita bisa mencetak semua/aneka macam binatang menjadi elang semua

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 21:03)

    hmm …. kalau modelnya serba instan dan serba pragmatis agaknya akan sulit, kang bud.

    Reply

  46. budiesastro Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows Vista Windows Vista
    Monday, 8 February 2010 @ 00:26

    memang kita tak boleh lelah berteriak meluruskan esensi pendidikan
    saya mendukung perjuangan ini
    Baca juga tulisan terbaru budiesastro berjudul "BECIK KETITIK OLO DIBECIKNO WAE" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 21:04)

    terima kasih apresiasinya, kang bud. mari kita bergerak dan berjuang bersama, setidaknya melalui lingkungan kita masing2.

    Reply

  47. budies Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows Vista Windows Vista
    Monday, 8 February 2010 @ 00:40

    kenapa kalau komen dengan id dot info gak mau masuk? apa karena email kuganti..
    viva pendidikan

    Reply

  48. Harry seenthing Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows XP Windows XP
    Monday, 8 February 2010 @ 02:30

    itulah bangsa kitya bang…aku setuju dengan apa yang bagusnya aja kang
    Baca juga tulisan terbaru Harry seenthing berjudul "NEXUS ONE IS The Best For Anything" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 21:05)

    itulah yang selalu kita harapkan, mas harry. terbaik buat bangsa kita.

    Reply

  49. NARNO Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows XP Windows XP
    Monday, 8 February 2010 @ 07:18

    meskipun tidak setuju dengan UN tak ada jalan lain tetap harus mensukseskan UN tentu dengan cara-cara yang bermartabat halal dan toyyib

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 21:06)

    betul sekali, mas narno. UN memang telah membuat kita serba dilematis, yang bisa kita lakukan adalah terus ikut berkiprah memberikan masukan terbaik buat ranah pendidikan kita.

    Reply

  50. parfum murah Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows Vista Windows Vista
    Monday, 8 February 2010 @ 07:43

    Wah kasian anak2 didik ya…digencet terus…:((

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 21:06)

    hehe … istilahnya mantab, mas, hehe … “dogencet”, haks.

    Reply

  51. pesan kaos promosi Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows Vista Windows Vista
    Monday, 8 February 2010 @ 07:49

    ya mau gimana lagi, depdiknas nya gonta ganti peraturan terus sih…:((

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 21:07)

    hmm … mungkin baru mencari format yang terbiak, mas, sehingga sering gonta-ganti peraturan, hehe …

    Reply

  52. pulsa elektrik Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows Vista Windows Vista
    Monday, 8 February 2010 @ 07:51

    yah…emang beginilah iklim pendidikan di Indonesia…

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 21:07)

    kita terus berharap dan berdoia, mas, semoga ada perubahan mendasar dalam pelaksanaan UN.

    Reply

  53. intan rawit Firefox 3.0.13 Firefox 3.0.13 dan Ubuntu 8.10 Ubuntu 8.10
    Monday, 8 February 2010 @ 08:47

    bukannya kemaren saya denger ada Isu bahwa UN mau dihapus yah pak? perkembangannya gimana tuh, kalo saya setuju kalo UN memang harus direvisi keberadaannya.

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 21:08)

    berdasarkan fatwa MA, memang begitu, mbak. tapi MA juga tdk tegas melarang pelaksanaan UN.

    Reply

  54. arihevea Firefox 3.5.5 Firefox 3.5.5 dan Ubuntu 9.10 Ubuntu 9.10
    Monday, 8 February 2010 @ 09:31

    ;) Setuju dg yang ditulis Pak Sawali.. sekolah bertahun – tahun dan hanya ditentukan hanya dalam bbrp hari ujian nasional (UN).

    Jadinyaaa… Saya pribadi sih lebih suka kelulusan SMU ditentukan dari pihak intern sekolah.. Nah baru dilanjutkan untuk masuk kuliah, via SPMB dg soal yg standar nasional.. itu juga saya setuju…

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 21:09)

    salu juga dengan mas ari. meski dg model pelaksanaan UN yang dinilai masih amburadul, mas ari bisa melaluinya dg sukses.

    Reply

  55. arihevea Firefox 3.5.5 Firefox 3.5.5 dan Ubuntu 9.10 Ubuntu 9.10
    Monday, 8 February 2010 @ 09:35

    btw komen saya kok gak keluar yah?? :d
    Baca juga tulisan terbaru arihevea berjudul "Walpaper dengan Ms. Paint, karya bro crash99" My ComLuv Profile

    Reply

  56. boyin Firefox 2.0.0.9 Firefox 2.0.0.9 dan Windows XP Windows XP
    Monday, 8 February 2010 @ 09:44

    yah dari segi positifnya sih, semua orang berkembang justru saat sudah selesai sekolah, karena mencari pengetahuan di luar.

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 21:10)

    betul sekali, mas boyin. konon, di alam nyata itulah kurikulum kehidupan yang sesungguhnya.

    Reply

  57. mandor tempe Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows 2000 Windows 2000
    Monday, 8 February 2010 @ 09:52

    Dengan sistem UN sebagai penentu kelulusan akan menghilangkan kreativitas para pengajar. Murid hanya didik untuk menjawab pilihan yang benar saj sehingga perkembangan keilmuan yang lebih luas masih terkendala. Angka nilai UN herusnya tidak dijadikan satu-satunya angka, masih ada angka lain seperti keahlian, minat dan bakat dari seorang murid yang berbeda antara satu dengan yang lainya
    Baca juga tulisan terbaru mandor tempe berjudul "Bertemu" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 21:12)

    betul sekali, mas mandor. sdh banyak kalangan yang mengkritik, maraknya kecurangan massal yang terjadi tiap tahun lantaran UN menjadi penentu kelulusan. jadi makin rumit ketika UN juga dikaitkan dengan upaya pencitraan dari pihak2 terkait.

    Reply

  58. Nurita Putranti Firefox 2.0.0.11 Firefox 2.0.0.11 dan Windows XP Windows XP
    Monday, 8 February 2010 @ 10:30

    UN skrg bukan untuk pembelajaran demi menghadapi masa depan tapi sekedar mendapatkan selembar kertas yang bertuliskan lulus. Bahkan menjadi proyek bagi oknum2 yang tidak bertanggung jwb utk merusak generasi mendatang.

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 21:13)

    betul sekali, bu ita. sungguh repot kalau orientasi pendidikan melulu pada angka dan ijazah.

    Reply

  59. rental mobil murah Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows XP Windows XP
    Monday, 8 February 2010 @ 11:04

    selamat menempuh ujian nasional
    selamat bersenang senang yah
    salam kenal sobat

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 23:11)

    hehe … ujian nasional kok bersenang-senang toh, mas, haks. salam kenal juga, yah.

    Reply

  60. Ersis Warmansyah Abbas Firefox 3.0.3 Firefox 3.0.3 dan Windows Vista Windows Vista
    Monday, 8 February 2010 @ 11:08

    Semakin tajam, mengasyikkan, dan mencerahkan … selamat Pak Guru

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 23:12)

    terima kasih apresiasinya, pak ersis. gimana kabarnya, pak? masih di bandungkah?

    Reply

  61. vany Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows XP Windows XP
    Monday, 8 February 2010 @ 15:53

    tentang unas ini memang banyak yg pro dan kontra ya, pak…
    tapi, saia tdk setuju kalo unas dihapuskan…
    mungkin penyelenggaraannya yg perlu dibenahi agar lbh baik lagi…. :)

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 23:13)

    saya setuju dengan mbak vany. UN tak harus dihapus karena sbg alat pemetaan mutu pendidikan secara nasional shg bisa terlihat mana sekolah yang bermutu dan yang tidak. itu bisa terwujud jika UN bukan sbg penentu kelulusan.

    Reply

  62. bayuputra Firefox 2.0.0.5 Firefox 2.0.0.5 dan Windows Vista Windows Vista
    Monday, 8 February 2010 @ 16:51

    guru dan anak didik harus berjuang dan bekerja keras…

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 23:13)

    idealnya memang begitu, mas bayu.

    Reply

  63. Yunus Chalim Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows XP Windows XP
    Monday, 8 February 2010 @ 17:33

    :-?
    saya tidak setuju dengan UAN. TITIK….
    penuh kepalsuan dan tipu daya,
    Baca juga tulisan terbaru Yunus Chalim berjudul "Pendidikan Segaris Dengan Kemiskinan" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 23:14)

    hehe … argumennya mantab juga, mas yunus.

    Reply

  64. Health Tips Firefox 2.0.0.6 Firefox 2.0.0.6 dan Windows XP Windows XP
    Monday, 8 February 2010 @ 17:35

    UN sebenernya bikin siswa mundur sebelum bertempur, masa setelah belajar 3 tahun pas UN gak lulus sekolahnya gak beres :-w

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 23:15)

    itu salah salah satu kelemahan mendasar ketika UN dijadikan sbg penentu kelulusan, mas. yang repot, UN malah ndak bisa membedakan mana siswa yang cerdas dan yang tidak.

    Reply

  65. afwan auliyar Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows Server 2003 Windows Server 2003
    Monday, 8 February 2010 @ 18:32

    imbasnya ternyata banyak pak ….
    semakin tahun sepertinya lulusan SMA yg masuk ke universitas pun tidak semakin baik kualitasnya … :)
    Baca juga tulisan terbaru afwan auliyar berjudul "Trik gila menaikkan 1000 pengunjung lebih per hari" My ComLuv Profile

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 23:15)

    bisa jadi benar, mas afwan. seperti itulah imbas yang muncul ketika sistem UN masih amburadul.

    Reply

  66. yusami Firefox 3.0.6 Firefox 3.0.6 dan Windows XP Windows XP
    Monday, 8 February 2010 @ 22:12

    mampir sebentar mengunjungi Pak Guru, semoga sehat selalu dan sukses.

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 23:17)

    amiiin, terimakasih mas yussa. semoga mas yussa dan keluarga juga demikian.

    Reply

  67. merawat dan memperbaiki komputer Firefox 3.6 Firefox 3.6 dan Windows XP Windows XP
    Tuesday, 9 February 2010 @ 02:17

    mantep artikelnya…..

    “Robotisasi siswa didik”
    kalimat yang tepat,siswa tidak diberikan ruang utnk berkreasi,hanya aturan dan sebatas menurut yang akan menjadi patokan dari pendidikan.

    maksih dah share artikel diatas.
    salam kenal pak bos………

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 23:18)

    salam kenal juga, mas. makasih apresiasinya.

    Reply

  68. suryaden Google Chrome 4.0.249.43 Google Chrome 4.0.249.43 dan GNU/Linux GNU/Linux
    Tuesday, 9 February 2010 @ 05:12

    setuju saya, mereka bahkan kasihan sekali, kadang malah jadinya bukan hanya robot saja je pak :D

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 23:19)

    walah, saya hampir sulit menemukan istilah yang tepat utk menggambarkan kondisi anak2 menjelang UN, mas surya, haks.

    Reply

  69. Umar Puja Kesuma Opera 9.62 Opera 9.62 dan Windows XP Windows XP
    Tuesday, 9 February 2010 @ 06:34

    Mau lulus aja kok repot! hehe…
    kalau diperhatikan, nilai UN itu sebenarnya gak ada relevansi apa-apa. Toh, saat akan masuk PT masih harus menjalani tes lagi, biaya lagi…fiuh!!
    UN memang sudah salah kaprah Pak, berteriak pun kafilah tetap berlalu. Huft!

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 23:21)

    betul, mas umar. agaknya benar kata para pengamat kalau sistem UN selama ini babar blas ndak nyambung dengan out-come-nya.

    Reply

  70. Novianto Opera 10.00 Opera 10.00 dan Windows 7 Windows 7
    Tuesday, 9 February 2010 @ 12:33

    Wah UNAS menjadikan “Pembodohan bangsa” karena dengan UNAS mending ndak usah ada pelajaran selama 3 tahun kan pak, langsung aja UNAS, wong nilai d skolah sebagus apapun kalo UNAS jelek ya ndak lulus, eh tapi ndak tau ya skarang? sama klihatannya :-?

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Saturday, 13 February 2010 @ 23:23)

    hehe … sebenarnya dalam POS UN, nilai UN hanya salah satu komponen nilai penentu kelulusan, mas novi. tapi kenyataannya justru sebaliknya. UN jadi penentu kelulusan.

    Reply

  71. Ardi Firefox 3.5 Firefox 3.5 dan Windows XP Windows XP
    Wednesday, 10 February 2010 @ 22:33

    UN sudah menjadi momok menakutkan bagi para murid di indonesia.
    Bayangkan saja, waktu 3 tahun di pertaruhkan dengan hanya 3 hari masa ujian..

    Apa gak puyeng tu kepala mikirin hal kyk gitu,..

    Reply

  72. Ridha Nori Irianto Google Chrome 4.0.249.78 Google Chrome 4.0.249.78 dan Windows XP Windows XP
    Thursday, 11 February 2010 @ 22:03

    UN sih saya setuju aja, asalkan itu untuk mengukur standar keberhasilan pendidikan di daerah, ya toh. Nah masalah kelulusan kan sepenuhnya berada di tangan gurunya, masalah nilai UN bukan satu-satunya syarat untuk lulus lho, masih ada yang lain, sang gurulah yang lebih paham tentang kemampuan siswanya, apalagi kelulusan kan tidak hanya ditentukan nilai kognitif saja, masih ada psikomotor, afektifnya, sikap, tanggung jawab, kedisiplinan, buanyak deh, benar gak Bung Sawali, soalnya aku juga guru, he…he…!!!!!

    Reply

  73. Toko Diskon Internet Explorer 8.0; Internet Explorer 8.0; dan Windows XP Windows XP
    Friday, 12 February 2010 @ 08:24

    Namanya juga pendidikan massal, biar murah Pak. Kalo mau bikin kriteria lulus masing-masing, tiap sekolah nanti punya kriteria yang berbeda. Lalu, gimana mau komparasi?

    Reply

  74. munir ardi Firefox 3.5 Firefox 3.5 dan Windows XP Windows XP
    Sunday, 14 February 2010 @ 06:02

    setuju pak setiap mendekati UAN mau tidak mau kita harus mengajarkan apa yang masuk kisi-kisi UAN saja karena mengejar kelulusan, apalagi sekolah saya dipelosok , tidak ada laboratorium, tidak ada perpustakaan, tidak ada koran atau majalah pokoknya sedih deh

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Monday, 22 February 2010 @ 09:50)

    saya salut dengan perjuangan teman2 di daerah yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. terus berjuang, mas ardi, semoga sukses.

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 March 2010 @ 02:33)

    yang penting tetep semangat, pak. semoga perjuangan dan jerih payah kita dirasakan betul manfaatnya oleh anak2 kita.

    Reply

  75. cobaberbagi Firefox 3.5.7 Firefox 3.5.7 dan Windows XP Windows XP
    Monday, 15 February 2010 @ 21:35

    UN memang pro kontra

    Reply

    Sawali Tuhusetya (Wednesday, 10 March 2010 @ 02:54)

    bisa jadi lantaran sistem yang selama ini digunakan cenderung masih menimbulkan persoalan, mas.

    Reply

  76. itempoeti Shiretoko 3.7.8 Shiretoko 3.7.8 dan Ubuntu 10.04 Ubuntu 10.04
    Thursday, 25 February 2010 @ 23:04

    beginilah jadinya ketika pendidikan menjadi industri…
    Baca juga tulisan terbaru itempoeti berjudul "Nasional Demokrat, Quo Vadis?" My ComLuv Profile

    Reply

  77. Paket C Paket ABC » PAKET C » Ujian Nasional dan Robotisasi Siswa Didik » Catatan Sawali Tuhusetya WordPress 2.6 WordPress 2.6
    Friday, 26 February 2010 @ 23:19

    [...] Excerpt from: Ujian Nasional dan Robotisasi Siswa Didik » Catatan Sawali Tuhusetya [...]

Trackbacks dan Pingbacks

  1. Paket C Paket ABC » PAKET C » Ujian Nasional dan Robotisasi Siswa Didik » Catatan Sawali Tuhusetya WordPress 2.6 WordPress 2.6

    [...] Excerpt from: Ujian Nasional dan Robotisasi Siswa Didik » Catatan Sawali Tuhusetya [...]

Get cash from your website. Sign up as affiliate.

Komentar Anda?

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

CommentLuv Enabled

«
»
Subscribe
isabelmarcoSign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.kukira.net