Postingan, Smiley, dan Komentar

Kategori Blog Oleh

smileyDalam aktivitas ngeblog, tak jarang sahabat-sahabat bloger menggunakan berbagai bentuk dan variasi smiley dalam postingannya. Bisa jadi tak sekadar dimaksudkan sebagai asesoris semata, melainkan juga sebagai sarana untuk mengekspresikan emosi sesaat yang sedang melintas. Dalam kajian bahasa, mungkin smiley ini bisa diindentikkan sebagai bentuk (tanda) untuk mengekspresikan makna tertentu. Dengan kata lain, ada keterkaitan antara bentuk dan makna sebagai kode-kode bahasa visual untuk mewakili makna-makna emotif yang tengah melintas dalam benak sang bloger.

Jujur saja, saya jarang sekali menggunakan berbagai macam variasi smiley ini dalam postingan. Kalau toh saya menyediakannya, ini lebih saya maksudkan untuk mengakomodasi keinginan pengunjung dan sahabat-sahabat bloger yang kebetulan menyukai smiley untuk melengkapi pernyataan-pernyataan ekspresif dalam kolom komentar.

Untuk smiley blog ini, saya menggunakan plugin yahoo yang pernah dibuat oleh Pak Priyadi. Menurut saya, plugin ini cukup lengkap untuk mengekspresikan berbagai ragam emosi. Selain ukurannya cukup ideal (tak terlalu kecil dan tak terlalu besar hingga memakan banyak ruang), yang tampil di halaman post hanya sebagian saja, sedangkan bagian yang lain disembunyikan. Dengan cara semacam ini, loading postingan jadi sedikit lebih ringan karena tidak harus menunggu sampai semua smiley muncul.

Semula memang agak repot untuk memasang plugin smiley ini. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan lebih cermat. Meski sudah banyak postingan yang membahas plugin ini, tetapi bagi bloger gaptek seperti saya masih juga belum paham untuk menggunakannya. Berikut ini beberapa langkah yang saya lakukan.

  1. Unduh file smiley di sini!
  2. Ekstrak file smilies yang telah diunduh ke drive komputer, kemudian unggah ke folder wordpress (biasanya masuk ke folder utama public_html) melalui FTP!
  3. Unduh file im_smiley.txt, lalu simpan menjadi im_smiley.php!
  4. Unggah file im_smiley.php ke folder plugin yang ada di folder wp-content!
  5. Silakan masuk ke dasbor blog, buka submenu writing pada setting blog, lalu buang tanda checklist di depan Convert emoticons like 🙂 and 😛 to graphics on display!
  6. Masukkan kode < ?php smilies_clickable() ?> di atas kode text-area pada comments.php theme yang digunakan! (Jika smiley tidak muncul, pastikan tidak ada spasi di antara karakter < ? )
  7. Aktifkan plugin dan silakan lihat hasilnya pada halaman post!

Sampeyan tertarik untuk mencobanya? ***

Tags:

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

90 Comments

  1. Yups…………:D 😀 😀

    Setuju Banget pakai Smiley, Apalagi sembari [IMG]http://smileys.smileycentral.com/cat/36/36_2_81.gif[/IMG][IMG]http://smileys.smileycentral.com/cat/36/36_2_81.gif[/IMG][IMG]http://smileys.smileycentral.com/cat/36/36_2_81.gif[/IMG] dan bawa lappie, muantab dah.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top