Home » Bahasa » Blog » Sastra » Blog Khusus Bahasa dan Sastra

Blog Khusus Bahasa dan Sastra

Sebenarnya sudah lama sekali saya berkeinginan untuk membuat blog yang khusus berisi postingan tentang pernak-pernik dunia kebahasaan dan kesastraan. Keinginan itu juga pernah saya sampaikan kepada Mas Daniel Mahendra alias Mas Penganyam Kata yang piawai merawi kisah dengan diksi yang menghanyutkan itu saat bersilaturahmi ke rumah beberapa waktu yang silam.

Blog sastra, misalnya, ingin saya manfaatkan untuk menampung berbagai tulisan berbentuk cerpen, puisi, esai, atau profil tokoh, yang berserakan di berbagai media. Kategorinya pun akan saya buat tampil beda dengan menggunakan nama-nama sang penulis. Dengan cara seperti itu, saya pribadi atau pengunjung pada umumnya bisa lebih mudah mengikuti perkembangan kreativitas dan gaya ucap setiap penulis. Sedangkan, blog bahasa akan saya manfaatkan secara khusus untuk menampung berbagai kajian yang berkaitan dengan persoalan linguistik, semacam sintaksis, pragmatik, kaidah bahasa, pedoman istilah, atau ejaan.

“Saya pingin banget buat blog yang khusus memuat teks-teks sastra berdasarkan kategori penulisnya, Mas Dan,” tutur saya waktu itu.

“Wow… ide yang bagus banget itu, Pak. Kita bisa mengikuti perkembangan kreativitas kepenulisan sang pengarang dengan mengklik namanya!” sahut Mas Dan agak serius.

“Oh, ya?”

“…..”

Namun, hingga beberapa saat lamanya keinginan tersebut belum juga bisa terwujud. Domain gratis co.cc dan layanan hosting gratis dari 0fees.net yang sudah saya siapkan sebelumnya gagal saya urus dengan baik. “Beruntung” blog ini sedang mengalami banyak masalah. Setelah beberapa kali diobok-obok “hacker gelap”, tampilan postingan terbaru di blog ini juga gagal ter-update. Yang selalu muncul, justru postingan beberapa hari sebelumnya. Komentar dari sahabat-sahabat pun seringkali hilang dengan sendirinya. Semula saya berpikir, keanehan itu bisa jadi lantaran browser yang saya gunakan. Namun, ternyata tidak. Pak Marsudiyanto ternyata juga melihat keanehan yang sama. Kemarin, menjelang Maghrib, Pak Marsudiyanto yang terampil membuat postingan dengan gaya yang kocak sekaligus juga kritis itu menyampaikan keanehan yang sama per telepon kepada saya.

Walhasil, situasi ketidakstabilan blog ini bisa saya manfaatkan untuk mengurus blog khusus Bahasa dan Sastra yang sudah saya persiapkan sebelumnya. Akhirnya, blog itu pun jadi juga meski dengan kadar postingan seadanya dengan memanfaatkan mesin pencari untuk memperkaya postingan yang berkaitan dengan masalah kebahasaan dan kesastraan. Jika ada waktu, silakan muluncur ke sini dan ke sini, serta mohon berikan masukan, terutama yang berkaitan dengan content blog.

Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, hingga belum sempat merespon komentar sahabat-sahabat yang masuk atau melakukan kunjungan balik. Mudah-mudahan pasca-pindah server, blog ini bisa segera beradaptasi dan stabil menjaga kondisinya. Salam kreatif dan salam ngeblog! ***

tentang blog iniTulisan berjudul "Blog Khusus Bahasa dan Sastra" dipublikasikan oleh Sawali Tuhusetya (15 April 2009 @ 03:07) pada kategori Bahasa, Blog, Sastra. Anda bisa mengikuti respon terhadap tulisan ini melalui feed komentar RSS 2.0, memberikan respon, atau melakukan trackback dari blog Anda. Terima kasih atas kunjungan, silaturahmi, saran, dan kritik Anda selama ini. Salam budaya!

Ada 132 komentar dalam “Blog Khusus Bahasa dan Sastra

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *