Setahun Usia Blog dan Kontes Review Cerpen

Kategori Cerpen/Sastra Oleh

ultah blogSeharusnya tulisan ini saya posting pada 5 Januari yang lalu, tepat ketika blog ini berusia satu tahun. Namun, lantaran ada tulisan yang harus lebih saya dahulukan, ditambah dengan berbagai kesibukan *halah, sok sibuk* offline, akhirnya baru sekarang saya bisa memublikasikannya. Komentar-komentar sahabat pun belum sempat saya respon. Mohon maaf.

Tanpa terasa, setahun sudah blog ini hadir di kompleks blogosphere. Ya, ya, ya, setahun memang belumlah apa-apa; waktu yang terlalu pendek untuk bisa mengenali denyut kehidupan di kompleks blogsopshere yang begitu dinamis dan terus berkembang. Sungguh menyenangkan saya bisa ikut menjadi bagian dari sebuah perkampungan maya yang dihuni oleh penduduk dengan karakter beragam.

Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada semua sahabat dan pengunjung yang telah berkenan singgah di gubug ini. Mohon maaf jika saya tidak bisa memberikan sambutan dan menu hidangan yang menarik dan memuaskan. Memang begitulah adanya. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada sahabat-sahabat yang sudah lebih dahulu memberikan ucapan selamat, baik melalui blog ini maupun di blog Mas Genthokelir. Saya jadi semakin percaya, bahwa blog bisa menjadi media yang tepat untuk membangun semangat berbagi dan bersilaturahmi.

Berkenaan dengan momen setahun blog ini, izinkan saya mengadakan kontes review cerpen dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Bacalah cerpen-cerpen berikut ini, kemudian pilihlah salah satu cerpen yang menurut Anda menarik! (Dhawangan, Marto Klawung, Perempuan Bergaun Putih, Kang Sakri dan Perempuan Pemimpi, Sepotong Kepala, Kepala di Bilik Sarkawi, Kang Panut, Sang Pembunuh, Penjara, atau Jagal Abilawa)
  2. Buatlah rangkuman cerpen yang Anda anggap menarik ke dalam 2-3 paragraf!
  3. Buatlah review singkat dengan membedah kelebihan dan kekurangan cerpen yang Anda pilih! Tak harus menggunakan teori sastra, tetapi bisa berdasarkan pengalaman literer pribadi.
  4. Publikasikan review cerpen Anda melalui kolom komentar halaman ”Review Cerpen” di blog ini paling lambat tanggal 16 Januari 2009!
  5. Kontes review cerpen terbuka untuk umum dan pemenang akan diumumkan di blog ini pada tanggal 20 Januari 2009!
  6. Juri kontes review cerpen adalah saya pribadi yang memiliki hak ”prerogatif” untuk menentukan pemenang dan tidak bisa diganggu gugat!
  7. Review cerpen yang masuk akan diseleksi berdasarkan sudut pandang subjektif saya pribadi dan akan dipilih tiga review terbaik.
  8. Review cerpen terbaik I berhak mendapatkan bonus uang tunai sebesar Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah);
  9. Review cerpen terbaik II berhak mendapatkan bonus uang tunai sebesar Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah);
  10. Review cerpen terbaik III berhak mendapatkan bonus uang tunai sebesar Rp200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).
  11. Peserta yang dinyatakan sebagai pemenang I, II, dan III dimohon secepatnya mengirimkan nomor rekening  bank yang berlaku melalui email sawali64@gmail.com.

Mohon maaf, jangan dilihat berdasarkan jumlah nominal penghargaannya, tetapi semata-mata sebagai wujud silaturahmi untuk menjalin keterikatan emosional semata. Terima kasih atas perhatian sahabat semua! Terima kasih juga saya sampaikan kepada Mas Ardy atas kado banner kerennya. Salam ngeblog, salam kreatif, dan salam budaya! ***

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

221 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Cerpen

Berlari Semakin Jauh

Cerpen: Ali Syamsudin Arsi Dia datang dari sebuah kampung di pinggiran wilayah

Kereta Hujan

Cerpen Sungging Raga Dimuat di Harian Global (11/20/2010) Dua manusia duduk berhadap-hadapan
Go to Top