File .htaccess Membuat Kepala Puyeng

Kategori Blog Oleh
Blog

Oleh: Sawali Tuhusetya

Seharian kemarin, blog ini hanya bisa diakses halaman homepage-nya. Ketika masuk halaman post, selalu muncul pesan berikut ini:
Not Found
The requested URL
/2008/12/13/menjelang-pergantian-tahun/ was not found on this server. Additionally, a 404 Not Found error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request

Karena tak tahu cara mengatasinya, saya bertanya via email kepada deteksi.info yang telah berbaik hati memberikan layanan hosting gratis untuk blog ini. Pikir saya, bisa jadi servernya sedang down, sehingga berpengaruh terhadap akses blog. Namun, ternyata server yang digunakan pihak hosting tidak ada masalah. Ini artinya, bukan server yang menjadi penyebab blog ini tak bisa diakses, tetapi ada file lain yang error.

Bingung juga. Bahkan, sempat saya mencoba untuk meng-upgrade ulang wordpress versi 2.7 yang kemarin baru saja saya lakukan dan mengubah kode permission-nya. Namun, rupanya sia-sia. Blog tak bisa diakses hingga Mas Endar Fitriyanto sempat mempertanyakannya di sini dan Mas Andy MSE di sini. Berbagai upaya telah saya coba termasuk mengganti theme ke versi default-nya. Namun, lagi-lagi, saya melakukan tindakan yang sia-sia.

Karena kehabisan akal, saya pun iseng membuka filezilla, ftp yang selama ini sering saya gunakan untuk meng-upload file-file wordpress yang saya perlukan. Tiba-tiba muncul keinginan untuk mengubah file .htaccess-nya. Mungkin inilah penyebabnya. Lantas, saya buka file .htaccess blog sawali.info dan saya kopas saja ke blog sawali.us. Setelah saya coba, jreng-jreng, alhamdulillah, ternyata berhasil. Rupanya, file inilah yang telah membuat saya puyeng, haks.

Nah, ketika saya iseng browsing dan bertanya sama Om Google, saya menemukan postingan Mas Gembong di sini. Ah, ternyata file .htaccess merupakan file konfigurasi yang disediakan oleh web server Apache, yang biasanya digunakan untuk mengubah settingan default dari Apache. Penjelasannya cukup rinci, tapi saya pun masih kesulitan untuk memahaminya, hehehe …

Karena tak ingin menambah kepala puyeng, akhirnya saya tutup blog Mas Gembong setelah memberikan komentar OOT di sana. Yang lebih utama, blog ini sudah bisa kembali diakses. Mohon maaf atas ketidaknyamanan terhadap akses blog selama ini. ***

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

20 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top