Memanfaatkan Layanan Webhost untuk Blog MGMP Bahasa Indonesia SMP

Kategori Blog Oleh

Alhamdulillah, setelah beberapa kali berganti-ganti alamat, blog MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, sekarang sudah mantab pindah rumah di sini dengan memanfaatkan layanan domain dan hosting gratis yang disediakan oleh webhost. Sebenarnya blog MGMP sudah lama lahir. Hanya lantaran belum menemukan kecocokan, akhirnya lama tak melakukan update. Sebenarnya saya pribadi menginginkan domain dan hosting sendiri. Namun, khawatir belum ada teman pengurus yang berkenan mengelola dan menjadi pemegang adminnya, terpaksa menggunakan layanan domain dan hosting gratis.

webhostKelebihan webhost adalah kemudahan pemegang admin dalam melakukan modifikasi blog. Seperti layaknya domain dan hosting berbayar, kita bisa dengan mudah memodifikasi tampilan, memanfaatkan plugin, atau meng-upgrade engine blog. Dalam hal ini, saya menggunakan engine wordpress yang memang sudah lumayan lama saya akrabi.

Meski demikian, webhost bukannya tanpa kelemahan. Sepanjang yang saya tahu, webhost sangat selektif dalam meng-approve kepemilikian akun. Awal-awalnya memang berlangsung mulus. Namun, setelah kita memublikasikan beberapa postingan dan memodifikasinya, seringkali blog tak bisa diakses. Blog ini juga seringkali tak bisa diakses dan berada dalam pemeriksaan ketat (under review) pemiliknya. Hal ini bisa dimaklumi, sebab akan sangat berpengaruh terhadap penggunaan server akibat banyaknya member. Untuk mengatasi hal ini, saya sudah melakukan kontak via email kepada sang pemilik, yang isinya menyatakan bahwa blog ini milik sebuah komunitas MGMP Bahasa Indonesia SMP yang dimaksudkan untuk ikut berkiprah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia. Alhamdulillah, akhirnya blog ini kembali bisa diakses. Semoga lancar dan mudah diakses kapan dan di mana pun.

Sesuai dengan informasi yang saya pasang di bar samping, blog yang diluncurkan 1 Desember 2008 ini dibuat dalam rangka untuk ikut berkiprah dalam memberikan sumbangsih pemikiran terhadap kemajuan dunia pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya SMP/MTS. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan sumbangan tulisan, baik berupa artikel opini, karya ilmiah (KTI), karya ilmiah populer, kebahasaan, kesastraan, inovasi pembelajaran, atau tulisan-tulisan yang bermanfaat untuk kepentingan pembelajaran, khususnya, dan dunia pendidikan pada umumnya. Sumbangan tulisan bisa dikirim via email: mgmpbindosmp@gmail.com.

Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirahmanirrahiim, Blog MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, resmi kami luncurkan pada 1 Desember 2008. Mohon doa restu semoga kehadiran blog ini benar-benar bisa bermanfaat dan dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran Bahasa Indonesia dan dunia pendidikan pada umumnya. Masukan dan saran silakan sampaikan melalui halaman Buku Tamu di sini.

Terima kasih dan salam budaya!

Admin

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

139 Comments

  1. Yth. Bapak Sawali,

    Mohon diinformasikan pada rekan-rekan guru semua di Jateng, khususnya di Kendal, jika ada masalah-masalah pendidikan yang perlu di bahas di forum diskusi, “Solution Exchange Indonesia” dengan senang hati untuk memuat “query” yang akan didiskusikan. Monggo rekan-rekan semua melihat dan berpartisipasi pada diskusi terkini di forum “Solution Exchange” klik di sini: http://www.solutionexchange.or.id/education/

    Matur suwun

    Salam,

    Asyikin
    Moderator-Education Community

  2. Salam kenal Pak Guru,

    Blognya sangat bagus dan saya yakin sangat bermanfaat. Pak Sawali perkenankan saya mengajak para praktisi pendidikan yang suka menulis dan berbagi informasi dalam bidang pendidikan untuk bergabung dengan forum diskusi online “Solution Exchange Indonesia”-sebuah forum yang diprakarsai lembaga PBB dan pemerintah untuk mempertemukan para praktisi pendidikan guna mencari solusi-solusi terhadap berbagai permasalahan dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Kami bangga jika rekan-rekan guru bisa bergabung dengan 800 praktisi pendidikan di forum “Solution Exchange”. Untuk sign up silahkan klik di: http://www.solutionexchange.or.id, bisa juga kirim email ke: asyikin@undp.org. Rekan-rekan bisa melihat dan mengakses “Produk Pengetahuan” yang telah kami publikasi melalui website tersebut.

    Matur suwun

    Salam,

    Asyikin
    Moderator-Education Community
    Solution Exchange Indonesia
    UNDP
    Menara Thamrin Building 9th Floor
    Jakarta-Indonesia
    Mobile: 0815 1996 1142

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top