Memanfaatkan Account Gmail untuk Berlangganan Postingan

Kategori Blog Oleh
Blog

Oleh: Sawali Tuhusetya

S
ampeyan sudah memiliki account gmail? Kalau belum, ada baiknya dicoba. Kapasitasnya lumayan besar hingga 6GB lebih. Satu account gmail pun memiliki multifungsi. Selain untuk keperluan surat menyurat, gmail juga bisa dimanfaatkan untuk chatting, upload image, pasang adsense, atau membuat website. Semuanya bisa diperoleh secara gratis. Makanya, segera meluncur ke sini untuk mendaftar, mumpung Om Google sedang baik hati, hehehehe 😆 Klik sign up, lalu isi form yang disediakan. Amat mudah, semudah kita mengisi formulir daftar riwayat hidup.

Satu layanan lagi yang sangat besar manfaatnya bagi saya untuk aktivitas blogwalking adalah google reader (GR). Melalui fitur ini, saya bisa mengikuti postingan di blog teman-teman, baik sebagai silent reader maupun langsung meluncur ke blog untuk meninggalkan jejak komentar. Bisa jadi, Bung Edy Caplang juga memanfaatkan fitur ini. Lihat saja blognya! Di bar sampingnya muncul daftar tulisan milik teman-teman. Benar, nggak, Bung? hehehehehe 😆

Nah, suatu ketika Pak Ersis Warmansyah Abbas berkirim surat via email. Beliau menanyakan cara menampilkan “Postingan Teman” yang pernah saya pajang di bar samping. Karena prosesnya agak sedikit panjang, saya tidak bisa memberikan jawaban secara mendetail. Postingan ini terilhami oleh pertanyaan Pak Ersis — demikian saya biasa memanggil Pak Dosen Unlam yang terkenal dengan Ersis Writing Theory (EWT): Menulis Ala Posmodernis-nya ini– semoga ada manfaatnya, terutama bagi teman-teman yang kebetulan belum memanfaatkan fasilitas gmail.

Sebenarnya ada beberapa layanan yang bisa digunakan untuk berlangganan RSS-Feed tulisan di blog atau website. Selain feedburner, juga ada bloglines, atau inezha. Ketiga-tiganya juga saya pakai. Namun, untuk kepentingan aktivitas blogwalking, saya lebih banyak menggunakan layanan dari Google Reader. Bahkan, saya telah membuat halaman khusus. Silakan lihat di sini. Persoalannya sekarang, bagaimana cara menampilkan postingan teman-teman melalui fitur google reader ini? *Sok tahu*

Nah, setelah kita memiliki account gmail, langsung saja meluncur ke halaman google reader. Kita akan melihat halaman seperti ini.

Silakan klik untuk memperbesar gambar!

Langkah yang perlu kita lakukan kurang lebih seperti berikut ini.

Klik menu add subscription yang ada di bar samping, lalu isikan alamat URL blog teman kita. Tunggu beberapa saat, hingga beberapa postingan di blog teman tampak di situ. Masukkan lagi URL blog teman kita sebanyak-banyaknya. Google Reader menyediakan hingga mencapai 1000 item. Cukup banyak, bukan?

Setelah alamat URL blog teman-teman dipastikan ter-subskripsi, kita buat folder baru dengan meng-klik tab add folder, lalu klik menu new folder. Isikan folder baru, misalnya “Tulisan Sahabat”, lalu klik OK. Klik tab add to a folder, kemudian klik folder “Tulisan Sahabat” yang tadi kita buat. Pastikan folder tersebut telah tercentang. Tunggu prosesnya, hingga URL blog teman-teman tersimpan di folder yang baru kita buat.

Klik menu setting yang ada di pojok kanan atas! Kita akan dibawa pada halaman baru!

Klik menu Tags, lalu beri tanda centang pada folder yang tadi memuat beberapa URL blog teman yang ter-subskripsi. Klik tab change sharing, kemudian klik submenu public! Kita akan diperlihatkan beberapa menu seperti tampak pada skrinsut berikut ini.

Silakan coba klik view public page pada tags yang tadi kita beri tanda centang! Nah, kita akan diperlihatkan pada halaman baru yang memuat postingan blog teman-teman yang tadi kita subskripsi seperti tampak skrinsut berikut ini.

Nah, bagaimana cara memperlihatkan judul postingan teman-teman di bar samping? Kita kembali ke halaman Google Reader, lalu klik menu add a clip to your site! Kita akan diperlihatkan ke halaman baru seperti berikut ini.

Kita tinggal memodifikasi tampilan yang kita inginkan dengan mengubah isian pada tab yang disediakan. Selanjutnya, kopi-paste kode skrip yang disediakan, masukkan ke box text yang ada di bar samping atau halaman blog kita. Akan tampak seperti skrinsut berikut ini!

Jika kita menginginkan agar URL teman-teman yang kita subskripsi tertaut secara otomatis, kita tinggal klik menu add a blogroll to your site, lalu kita kopi-paste kode skripnya di blog. Kita tak perlu lagi memasukkan URL blog secara manual lewat dashbor.

Nah, bagaimana? Tidak rumit, bukan? Dengan memasang Google Reader di blog, mudah-mudahan aktivitas blogwalking kita menjadi lebih ok dan lancar. Selamat mencoba! ***

Seorang guru, penggemar wayang kulit, dan penikmat sastra. Dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Bukupop dan Maharini Press (2008) dan diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Jumat, 16 Mei 2008 bersama kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia).

36 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Tulisan terbaru tentang Blog

Setelah 9 Tahun Ngeblog

Juli 2007 merupakan saat pertama saya belajar ngeblog (=mengeblog). Sering berganti-ganti engine,

Enam Purnama Tanpa Jejak

Sudah enam purnama, saya tidak meninggalkan jejak di blog ini. Sejatinya, enam
Go to Top