Download Inovasi pembelajaran

Dipersilakan rekan-rekan sejawat, khususnya guru SMP, yang ingin men-download naskah inovasi pembelajaran. File-file diformat dalam ekstensi .zip agar lebih ringkas. File-file tersebut merupakan kompilasi naskah lomba inovasi pembelajaran yang masuk final dalam lomba inovasi pembelajaran yang diselenggarakan oleh Balitbang Depdiknas tahun 2006/2007. Dipublikasikan dengan maksud untuk diterapkan dan dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kondisi dan karakter sekolah masing-masing, bukan diplagiat untuk diikutsertakan dalam kegiatan lomba serupa. Mohon maaf, saya sudah memperingatkannya. Ada beberapa naskah inovasi pembelajaran untuk lima mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS, yang bisa di-download. Selengkapnya dapat di-download di sini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

66 Comments

  1. Salam kenal. Saat ini saya sedang menyusun sebuah karya ilmiah untuk diikutsertakan dalam lomba inovasi pembelajaran. Cukup surprise mendapati blog ini yang menyediakan file download gratis tentang hasil lomba terdahulu. Hanya sayangnya untuk mendownload sebuah file zip dibutuhkan waktu yang sangat lama. Contohnya sekarang saya sedang mendownload file puzzle.zip. Sudah 1 jam 10 menit masih proses saja. Cukup menjengkelkan bagi saya karena saya sangat membutuhkan file-file hasil inovasi ini. Saya mohon agar segera diperbaiki supaya proses download bisa lebih cepat. Terima kasih.

  2. @ myaghnee :
    Salam kenal juga, Pak. Terima kasih kunjungannya. Ya, filenya memang berukuran besar, Pak, itu pun sudah saya kompres ke winzip. Ukuran file aslinya 2 kali lipatnya, Pak. Sebelum mendownload perlu dilihat dulu ukuran filenya. Kalau terlalu besar dan merepotkan untuk sementara tidak perlu diunduh dulu. Jika punya waktu luang, kan bisa diunduh ulang. OK, semoga sukses, Pak.

  3. thanks untuk informasi.
    apakah anda punya silabus kbk. saya ingin mengkomparasikan kbk dgn ktsp

    ooo
    sama2 pak sriyanto. btw, ttg silabus kbk, pak sri bisa pake silabus yang dikeluarkan bsnp.

  4. Makasih, ini baru guru okey, kreatif dan inovatif

    ooo
    walah, biasa aja bu. sekarang kan dah banyak tuh guru yang ngeblog, hehehe :oke

  5. Referensi inovasi pembelajaran memang perlu. Namun penerapannya tentunya disesuaikan dengan karakterisitk/kondisi anak didik dan lingkungan belajarnya. Dengan memahami hal tersebut pembelajaran pasti akan berhasil.

    ooo
    yups, sepakat banget, pak muid. seharusnya memang demikian.

  6. 🙄 Komunikasi seperti inilah yang kami harapkan sejak tahun 2002 yang lalu. Kami bersama teman-teman di SMA Lab School UM Malang ingin contoh karya teman-teman SMA yang masuk sebagai finalis.
    Setiap tahun teman-teman termotivasi mengikuti LKG ini. Namun, mereka belum pernah ada yang dapat mencapai predikat finalis. Contoh laporan inilah yang nantinya akan kami sosialisasikan kepada teman-teman. Terima kasih Mas. Maaf kami(red./penulis)suka memanggil mas untuk lebih mengakrabkan diri.

    makasih juga kalau memang ada manfaatnya, pak khabib, heheheh 😆 oke, panggil apa pun buat saya nggak masalah kok, pak 💡

  7. Saya sebenarnya pingin kasih komentar, tapi internet di sekolah kami putus untuk beberapa waktu.
    Saya adalah guru macem-macem (Fisika, TIK, Elektro).
    Saya kenal dengan njenengan pas sy ikut pelatihan guru TIK Banyumasdi LPMP
    Saya sangat senang bisa punya blog sendiri atas bimbingn njenengan

    wah, makasih banget kalau masih ingat saya, pak priyatin. makasih kunjungannya, ya, pak! 🙄

  8. Kalo bs karya ilmiah yang sudah diperlombakan dan dapat juara ditingkat provinsi dan tingkat nasional tolong dipublikasikan melalui internet spya kami dapat termotivasi untuk membuat karya ilmiah dan menjadi pedoman bagi kami dalam penyusunan karya ilmiah tsb.
    shg para guru akan berkompetisi utk membuat karya ilmiah.

    makasih masukannya bu jenita. makanya blog ini dibuat juga dalam rangka berbagi dan bersilaturahmi. yang sempat saya upload, naskah2 lomba yang masuk final dalam lomba inovasi pembelajaran tahun 2006/2007. silakan ditengok, bu, mungkin ada manfaatnya :oke

  9. bagus banget Pak, dan sangat bermanfaat..salam hangat tuk semua temanteman guru d Indonesia.

    terima kasih, mbak fatma. makasih juga kunjungan dan apresiasinya 🙄

  10. Mas Sawali, saya membutuhkan beberapa referens tentang inovasi pembelajaran dan pendidikan. Saya unduh beberapa ertikel di blog ini boleh kan? Salam kenal, Ady S2 IPS Unnes Semarang.

  11. Salam kenal Pak Sawali,membutuhkan referensi tentang inovasi pembelajaran untuk menunjang karya ilmiah yang sedang saya susun. Dengan adanya beberapa refernsi dari jenengan membuat saya cukup terbantu. Minta ijin mengunduh nggih… 😉

  12. Terima kasih atas beberapa file-file tentang inovasi yang telah disediakan!!!semoga referensi lebih bisa ditambah!!!

  13. Pak Sarwali, saya seorang guru sd,sekarang saya sedang mencari referensi tentang inovasi pembelajaran IT. kira-kira Bapak punya referensi tersebut tidak? terus terang saya sangat membutuhkannnya sekali, jika ada tolong email saya, terimakasih. Semoga Tuhan membalas kebaikan anda

  14. matur nuwun pak Sawali, mungkin pertanyaan saya mirip dengan penanya sebelumnya tapi sedikit di modif biar nggak dianggap plagiat.
    oh ya Pak… saya mungkin termasuk golongan guru aneh, ngeyel dan telalu ge-er. maksudnya, saya suka nulis (juga baca) dan beberapa kali ikut lomba, PTK, inovasi pembelajaran dan penulisan artikel tapi nggak pernah menang… 😥 …
    kira2 model, jenis dan tema serta syarat apa yang sangat familiar dan berbobot untuk mengikuti lomba2 tsb?… apa anda juga memiliki file tentang itu semua??? 😉 Beri contoh, please… 😆
    (nambah dikit : saya guru bahasa Inggris SD)

  15. salam kenal, saya guru ipa di salah satu smp di Palembang, terima kasih mas tentang filenya dan tanpa minta izin dulu saya sudah unduh mohon maaf, abis di pendahuluannya sudah ada kata silahkan di unduh ya nggak? tapi semua itu yakinlah hanya untuk motivasi dan refrensi saya nggak akan saya plagiat kok, dan semoga sukses selalu untuk kita khusunya guru IPA se-Indonesia.

    1. salam kenal juga, pak agus. wah, terima kasih juga atas apresiasinya. tak izin juga tak apa2 kok, pak, kan memang sengaja saya publish agar bisa dimanfaatkan oleh rekan-rekan sejawat.

  16. saya pendidik anak usia dini,salut untuk pak guru yang baik hati.Semain banyak memberi akan banyak menerima.

  17. :)saya seorang mahasiswi yang sedang menyusun skripsi, terima kasih ya pak blognya cukup membantu. menurut bapak metode pembelajaran inovatif seperti apa yang kiranya paling tepat untuk diterapkan pada pembelajaran membaca prosa fiksi? semoga bapak dapat membantu saya, terima kasih…

  18. salam kenal…trimakasih pak atas posting beberapa artikel tentang pendidikannya. wah pokoknya insyaAllah sangat bermanfaat bagi kami-kami para calon guru.

    Nazil

  19. Pagi Pak Sawali

    Saya dah download untuk pembelajaran e-learning, sekalian kenalan ya Pak, dulu pas bapak seminar di magelang dengan komunitas blogger magelang saya tertarik banget pemanfaatan multimedia untuk pendidikan. berhubung selepas seminar itu, beberapa bulan kemudian saya diminta memegang IT 18 sekolah, yaitu sekolah Theresiana Semarang, 18 sekolah saya handle sendiri, dari manajemen sampai urusan kurikulum pendidikan komputer, modal saya cuma IT, kagak ngerti pendidikan, tapi pantang menyerah belajar, jadi ijinkan saya besok besok merepotkan bapak ya … bahkan pingin menggelar seminar di Theresiana dengan pembicara Pak Sawali, salah satu unit sekolah, yaitu SMA Theresiana satu sedang planing implementasi e-learning. Terima kasih Pak Sawali, maaf mungkin salah kamar komentar di sini .. lha niatnya download ..terima kasih sekali lagi

  20. Membuat inovasi pendidikan, saya kira, bisa dengan membuat media pembelajaran interaktif. Software yang digunakan adalah Lectora Inspire. Lectora lebih mudah digunakan dan memiliki keunggulan lainnya. Antara lain dapat membuat soal dengan berbagai tipe soal disertai skoring di ujungnya.
    Info lengkap mengenai Lectora, silakan kunjungi http://lectorabook.blogspot.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *